Belajar Pemrograman Java Dari Dasar

Kamis, 01 Oktober 2015

Belajar Bahasa Java : Perkenalan Pemrograman, Software, dan Programmer

Selamat datang di blog sederhana ini. Blog mengenai belajar bahasa Java yang disusun sedemikian rupa agar memiliki isi yang cukup sebagai pondasi untuk para pemula.

Tema utama dari blog ini adalah mengenai materi tentang Java untuk pemula dari dasar, sehingga para pemula dapat belajar memecahkan masalah dengan membuat sebuah program. Selain itu juga melatih daya pikir sebagai seorang programmer untuk melangkah ke tingkat lebih lanjut.

Ada 3 tahapan dalam perkenalan kali ini yang akan kita bahas, yaitu:

  • Pengertian pemrograman
  • Pengertian dan fungsi dari software 
  • Bahasa pemrograman manakah yang terbaik?

Belajar Bahasa Java : Perkenalan Pemrograman, Software, dan Programmer
Pengenalan Dan Pengantar Belajar Java Programming

Belajar Bahasa Java: Pengertian Pemrograman

Jadi apa itu pemrograman?

Istilah pemrograman berarti membuat atau mengembangkan sebuah software atau perangkat lunak, yang juga dapat disebut dengan program.

Pada dasarnya software terdiri dari instruksi-instruksi yang memberitahu komputer ataupun perangkat komputer mengenai apa yang harus dilakukan.

Dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat seperti sekarang ini, software banyak terdapat disekitar kita, bahkan ada dalam perangkat yang mungkin anda pikir tidak membutuhkan software tersebut.

Baca juga:

Tentu saja dalam komputer pribadi anda atau smartphone terdapat software.

Namun, perangkat lunak ini ternyata juga memainkan peranan yang sangat penting pada pesawat terbang, mobil, sistem komunikasi satelit, sistem otomatisasi pabrik, bahkan sampai pemanggang di rumah anda.

Pengertian Dan Fungsi Dari Software




Apa yang dapat dilakukan komputer anda?

Misalnya komputer anda dapat digunakan untuk menulis dokumen, surfing di internet, menulis dan mengirim email, menerima pesan, mengedit photo, menggambar dan sebagainya. Program-program ini merupakan contoh dari perangkat lunak.

Bagaimana perangkat lunak ini dibuat?

Perangkat lunak atau software ini dibuat dengan bantuan bahasa pemrograman. Blog ini berisi mengenai salah satu bahasa pemrograman yang sangat terkenal dan paling banyak digunakan oleh orang diseluruh dunia yaitu Java.

Terdapat banyak bahasa pemrograman, bahkan beberapa diantaranya seperti Java sudah berumur puluhan tahun.

Setiap bahasa pemrograman yang sudah diciptakan memiliki tujuan yang spesifik. Setiap bahasa ini dibuat dan diusahakan agar lebih membangun kekuatan dari bahasa pemrograman yang sudah ada sebelumnya, misalnya untuk memberikan programmer suatu set tools yang baru dan unik.

Bahasa Pemrograman Manakah Yang Terbaik? Apakah Java Termasuk Salah Satunya?

Pertanyaan ini banyak sekali beredar di internet, dan menjadi salah satu pertanyaan yang paling banyak dilontarkan di forum-forum programmer atau mengenai bahasa pemrograman.

Namun, sebenarnya tidak ada bahasa pemrograman yang terbaik.

Masing-masing bahasa pemrograman memiliki kekuatan dan kelemahan tersendiri, sesuai dengan tujuan penggunaannya, dan juga konsep dibalik bahasa pemrograman terseebut. Seorang programmer yang berpengalaman dapat mengetahui jika suatu bahasa pemrograman dapat menjadi bahasa yang tepat untuk bekerja dalam beberapa situasi, namun bahasa yang berbeda akan menjadi pilihan yang tepat pada situasi lainnya.

Jadi inilah alasan utama programmer berpengalaman mempelajari dan menguasai lebih dari satu bahasa pemrograman. Oleh karena itu, mereka dapat dengan mudah memasuki ke area terbesar dalam pengembangan perangkat lunak tersebut.

Jadi bagaimana mereka dapat mengusai bahasa pemrograman lebih dari satu? Tentu saja dengan belajar.

Tidak ada yang dapat mengalahkan ilmu pengetahuan.

Belajar memecahkan masalah dengan menggunakan pendekatan pemrograman, merupakan langkah tepat untuk belajar bahasa pemrograman yang anda minati.

Semoga belajar bahasa java mengenai yang membehas singkat mengenai perkenalan pemrograman, software, dan programmer ini dapat memberikan anda manfaat dan semangat untuk mempelajari Java. Karena belajar pemrograman juga akan melatih pola pikir otak mengenai bagaimana cara bekerja yang terstruktur, efisien dan efektif untuk memecahkan suatu masalah.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Artikel Menarik Lainnya :

1 comments: