Pengantar Belajar Pemrograman Java : Komputer Dan Komponennya

Pengantar Belajar Pemrograman Java : Komputer Dan Komponennya

Pengantar Belajar Pemrograman Java : Komputer Dan Komponennya - Apa itu komputer?

Komputer dapat diartikan sebagai perangkat elektronik yang berfungsi untuk menyimpan dan memperoses data.
Belajar Java Pengantar - Komputer Dan Komponennya
Java-komputer

Komputer terdiri dari dua bagian, yaitu perangkat keras atau hardware dan perangkat lunak atau software. Secara umum, hardware merupakan perangkat yang secara fisik dapat terlihat oleh mata, sementara software akan menyediakan perintah yang mengendalikan hardware tersebut untuk menjalankan suatu tugas tertentu.

Mengetahui bagian hardware dari komputer merupakan hal yang tidak fundamental dalam mempelajari bahasa pemrograman, namun ini akan membantu anda untuk lebih mengerti efek yang dimiliki oleh perintah program pada komputer dan komponen lainnya.

Sebuah komputer terdiri dari komponen hardware seperti di bawah ini :

  • CPU atau Central Processing Unit
  • Memori
  • Perangkat penimpanan data seperti disk dan CD
  • Perangkat input seperti keyboard dan mouse
  • Perangkat output seperti monitor dan printer.
  • Perangkat komunikasi seperti modem dan kartu interface jaringan.
Sebuah komputer diinterkoneksikan dengan suatu sub-sistem yang disebut dengan bus. Bus adalah suatu jalan atau sistem dimana komponen komputer berjalan, secara sederhana data dan power berjalan di sepanjang bus dari satu bagian komputer ke bagian lainnya.

CPU (Central Processing Unit)

CPU adalah otak dari komputer. CPU ini menerima instruksi dari memori dan kemudian mengeksekusinya. Bagian ini biasanya memiliki dua komponen, yaitu :

  • Unit kontrol
  • Unit logika/aritmatika

Unit kontrol akan mengkordinasikan tindakan dari komponen lainnya, sementara itu unit logika/aritmatika akan melakukan operasi seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian, serta operasi logika atau perbandingan.

Sekarang ini, CPU dibuat dari silicon semikonduktor kecil yang mengandung jutaan transistor untuk memproses informasi.

Setiap komputer juga memiliki jam internal, yang memancarkan pulsa elektronik dengan laju yang konstan.

Pulsa ini digunakan oleh komputer untuk mengontrol dan mengsinkronisasi kecepatan dari operasi. Semakin tinggi kecepatan jam tersebut, maka akan semakin banyak program dapat dieksekusi dalam suatu periode waktu tertentu.

Unit pengukuran dari kecepatan jam adalah hertz atau Hz.

1 Hz = 1 pulsa / detik

Pada tahun 1990-an kecepatan CPU hanya berkisar di MHz, namun pada saat sekarang ini kecepatan CPU bisa mencapai ukuran GHz.

Secara orisinil, CPU hanya dikembangkan denga satu core.

Core adalah bagian dari prosesor yang melakukan pembacaan dan mengeksekusi instruksi-instruksi.

Dengan tujuan untuk meningkatkan tenaga pemrosesan CPU, chip sekarang diproduksi dengan multi-core.

Saat ini para pengguna komputer rata-rata memiliki 2, 3 atau 4 core terpisah. Mungkin CPU dengan ratusan core juga akan tercipta.

Bits dan Bytes

Bits adalah binary digit, yang hanya terdiri dari angka 0 dan 1. Proses dalam komputer sebenarnya hanyalah suatu rangkaian proses on atau off atau dikenal dengan switch on dan switch off.

Jika posisi on maka, memiliki nilai 1, sementara jika posisi off maka memiliki nilai 0. Semua jenis data seperti angka dan karakter di encoded hanya dengan menggunakan angka 0 dan 1 oleh komputer.

Unit penyimpanan data paling minimum adalah byte. Satu byte terdiri dari delapan bits. Suatu nilai angka kecil seperti angka 2 dapat disimpan dalam satu byte. Sementara untuk menyimpan angka yang tidak dapat tersimpan dalam satu byte, komputer akan menggunakan beberapa byte.

Memori Komputer

Memori komputer terdiri dari urutan perintah untuk menyimpan program beserta data yang bekerja dengan program tersebut. Memori adalah area kerja komputer untuk mengeksekusi program. Program dan datanya terlebih dahulu harus memasuki memori komputer sebelum mereka dieksekusi oleh CPU.

Setiap bytes dalam memori memiliki alamat yang unik. Alamat tersebut digunakan sebagai lokasi byte untuk menyimpan dan menerima data.

Karena bytes dalam memori dapat  diakses dengan berbagai perintah, memori ini juga disebut dengan RAM.

Saat ini, komputer pribadi bisanya rata-rata memiliki sekurang - kurangnya RAM (Random Acces Memory) 4GB, namun umumnya memiliki 6GB sampai 8GB yang terinstal.

Seperti CPU, memori komputer juga terbuat dari semikonduktor silikon, dibandingkan dengan CPU chip, maka memori chip lebih sederhana, lebih lambat dan lebih murah, walaupun ini adalah relatif.


Selanjutnya untuk perangkat penyimpanan, input dan output serta komunikasi, seperti USB flashdisk, CD, DVD, keyboard, monitor, wifi, modem,  saat ini sudah sangat familiar dengan kehidupan kita sehari-hari, baik itu dalam sarana belajar ataupun mengakses hiburan.

Semoga Pengantar Belajar Pemrograman Java : Komputer Dan Komponennya, dapat menjadi pondasi bagi para pemula untuk melanjutkan ke tahap berikutnya dalam mempelajari bahasa Java.

No comments

Bahasa Java. Powered by Blogger.