Pengantar Belajar Pemrograman Java : Sistem Operasi

Pengantar Belajar Pemrograman Java : Sistem Operasi


Pengantar Belajar Pemrograman Java : Sistem Operasi - Pembahasan mengenai sistem operasi merupakan pengantar dalam belajar java. Sistem operasi ini merupakan program yang paling vital untuk mengoperasikan komputer.

Beberapa sistem operasi yang populer dan familiar dikalangan pengguna komputer diantaranya adalah Windows, Linux, dan Mac OS.

Kenapa sistem operasi ini begitu penting?

Karena program aplikasi seperti browser internet atau pun program pengolah kata dan perhitungan seperti Ms. Word, Ms. Excel, dan berbagai jenis program aplikasi yang mungkin sudah cukup familiar dan sering anda gunakan lainnya tidak akan dapat berfungsi.

Diagram di bawah ini menunjukkan hubungan antara hardaware, sistem operasi, program aplikasi dan pengguna :

Sistem Operasi Pada Komputer - Belajar Pemrograman Java
User dan aplikasi mengakses hardware melalui sistem operasi (OS)
Terdapat tiga fungsi utama dari sistem operasi, yaitu :
  1. Mengendalikan dan memonitor aktivitas dari sistem.
  2. Mengalokasikan dan menetapkan sumberdaya sistem.
  3. Menjadwalkan pengoperasian.

A. Mengendalikan dan memonitor aktivitas dari sistem

Sistem operasi harus mampu memastikan bahwa berbagai program dapat berjalan secara simultan, dan tidak saling memberikan gangguan antara satu program dengan program lainnya. Karena berkaitan dengan keamana sistem , maka pastikan user dan program yang memiliki akses adalah yang memiliki wewenang.

Sistem operasi juga harus mampu menjalankan tugas-tugas pengoperasian dasar seperti menerima input dari keyboard, mengirim output ke layar monitor, melacak keberadaan file-file atau folder dalam tempat penyimpanan file, serta mengontrol perangkat lainnya seperti printer dan drive disk.

B. Mengalokasikan dan menetapkan sumberdaya sistem

Sistem operasi juga bertanggung jawab mengenai kebutuhan sumberdaya dari program yang dibutuhkan, seperti ukuran RAM, ukuran disk space, grafis, ataupun perangkat untuk input dan outputnya. Serta mengalokasikan dan menetapkan semua sumber yang dibutuhkan agar progaram dapt berjalan dengan lancar.

C. Menjadwalkan pengoperasian

Pada saat sekarang ini, untuk memberikan kinerja optimal dalam menjadwalkan pengoperasian, sistem operasi ini telah didukung oleh 3 teknik penting, yaitu :
  • Multiprogramming
    Multiprogramming adalah teknik yang mengizinkan beberapa program dapat berjalan secara simultan dengan berbagi menggunaka CPU yang sama. Sebagai contoh dari teknik ini adalah anda dapat memutar video sementara secara bersamaan anda dapat mendownload file dari internet.

    Prinsipnya adalah seperti diketahui CPU merupakan komponen komputer yang paling cepat bila dibandingkan dengan komponen komputer lainnya, oleh karena itu pada saat tidak digunakan atau idle status, misalnya saat menunggu file selesai ditransfer atau menunggu respon dari program, maka program lainnnya dapat menggunakan CPU ini untuk beroperasi.

  • Multithreading
  • Multithreading akan memungkinka satu program dapat menajalankan berbagai tugas dalam satu waktu. Sebagai contoh software pengedit foto dapat melakukan proses editing dan secara simultan menyimpannya ke dalam hardisk.

  • Multiprocessing
  • Multiprocessing adalah dapat menggunakan dua atau lebih prosesor secara bersama-sama untuk melakukan sub-tugas, kemudian hasil dari pengoperasian tersebut digabungkan menjadi satu kesatuan untuk memperoleh hasil atau solusi dari keseluruhan tugas tersebut. Tentu saja hal ini akan membuat intruksi yang diberikan pada komputer akan berlangsung lebih cepat. 
Semoga Pengantar Belajar Pemrograman Java : Sistem Operasi, dapat menambah pengetahuan dan memberikan informasi lebih tentang dunia pemrograman.

No comments

Bahasa Java. Powered by Blogger.