Sejarah Bahasa Pemrograman Java Dan Aplikasi Di Internet

Sejarah Bahasa Pemrograman Java Dan Aplikasi Di Internet

Seperti sudah anda ketahui saat belajar Java, yaitu pada jenis-jenis bahasa pemrograman komputer, dinyatakan bahwa Java adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi (high level language). Sejarah Java dimulai pada tahun 1991, sebuah grup yang dipimpin oleh James Gosling di Sun Microsystems membuat bahasa pemrograman yang disebut dengan Oak, yaitu sebuah bahasa pemrograman untuk memenuhi kebutuhan perangkat lunak para pelanggan.

Java Dan Aplikasi Di Internet
Java Dan Aplikasi Di Internet

Di tahun 1993, World Wide Web (www), pertama kali hadir di internet. Dengan melihat kesempatan ini, maka Sun menyadari, bahwa bahasa yang dikembangkannya bisa digunakan untuk menulis program yang dapat dijalankan pada banyak komputer yang berbeda yang terhubung dengan internet.

Hadirnya Java Applet


Akhirnya, pada tahun 1995, Java diperkenalkan bersamaan dengan browser yang dapat menjalankan applet, sehingga kode pemrograman Java dapat dijalankan di manapun di internet. Sun juga mengembangkan web browser khusus saat itu yang dapat menjalankan applet yang disebut dengan HotJava.


Pada tahun tersebut, Java menggunakan versi  1.0, yang diikuti dengan banyak penambahan pada library, dan sedikit modifikasi pada bahasanya, kemudian pada tahun 1997, Java 1.1 telah hadir.Pada tahun 1998, Java versi 1.2 diluncurkan dan kesuksesan dan popularitasnya diteruskan oleh Java 2.

Applet mendukung tampilan grafik yang cukup modern dengan tombol, area teks, radio button, dan sebagainya untuk dapat berinteraksi dengan pengguna pada Web dan memproses permintaan mereka.

Java adalah pelopor dan menjadi bahasa pemrograman pertama yang menyediakan fitur yang memungkinkan  program dapat diunduh sebagai bagian dari halaman web. Selain itu, Java juga dapat digunakan untuk membuat aplikasi program tersendiri, dan tidak berhubungan dengan penggunaan halaman web.

Applet di embed pada file HTML (Hypertext Markup Language), yaitu sebuah bahasa scripting simpel yang dapat digunakan untuk menempatkan dokumen, membuat link dokumen dengan internet, menampilkan music, video dan suara secara langsung di internet.

Java kemudian menjadi popular dan berkembang dengan sangat cepat karena setelah program dibuat, maka program itu dapat berjalan pada perangkat apa saja dan dapat berjalan di mana saja. . Saat ini, Java sudah banyak sekali digunakan untuk membuat aplikasi internet yang bagus dan menarik.

Java adalah bahasa pemrograman yang berusia lebih muda dibandingkan dengan C ataupun C++, yang keduanya dikembangkan pada tahun 1970. Namun tidak seperti C atau C++ yang merupakan bahasa prosedural, Java adalah bahasa pemrograman beorientasi objek (Object Oriented Language).

Kelebihan Bahasa Pemrograman Java

Sebagai seorang programmer Java dan berorientasi objek, anda akan lebih fokus  membuat class-class untuk merepresentasikan data dalam aplikasi anda, dibandingkan dengan pemecahan masalah sebagai suatu set prosedur yang harus  diikuti dalam suatu set perintah.

Selain itu, Java juga adalah bahasa pemrograman yang :
  • Berorientasi objek
  • Sederhana
  • Dapat didistribusikan
  • Aman
  • Dapat diinterpretasikan
  • Robust
  • Portabel
  •  Memiliki kinerja tinggi
  • Dinamis
  • Multithreaded

Oracle pada tahun 2010 kemudian membeli  Sun Microsytem.

Kekuatan Java adalah memiliki library yang sangat lengkap, berukuran kecil  dan sederhana untuk digunakan dan dipelajari.

Banyak perusahaan saat ini menggunakan Java untuk membuat aplikasi yang dapat didistribusikan dan diakses oleh pelanggan ataupun rekan bisnis merekamelalui internet. Banyak sekali website komersial yang dibangun dengan menggunakan Java.

Java saat ini tidak hanya berperan pada program komputer saja, namun juga pada perangkat smartphone dengan sistem operasi  Android, ATM, Web server dan masih sangat banyak lagi, sampai  dengan digunakan pada program untuk berkomunikasi dan mengontrol robot penjelajah di planet Mars.

Demikianlah Sejarah Bahasa Pemrograman Java Dan Aplikasi Di Internet, yang dapat menambah pengetahuan anda dalam belajar Java. Semoga bermanfaat.
Sejarah Bahasa Pemrograman Java Dan Aplikasi Di Internet Sejarah Bahasa Pemrograman Java Dan Aplikasi Di Internet Reviewed by Atta on 00.58.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.