Belajar Java Programming Memperoleh Input Dari User

Belajar Java Programming Dari Dasar Memperoleh Input Dari User

Belajar Java Programming Dari Dasar - Pada postingan Belajar Coding Java Menghitung Volume Balok, untuk mengubah nilai panjang, lebar dan tinggi balok, anda harus memodifikasi kode kembali untuk memasukkan nilai yang baru dan melakukan compile lagi, sepertinya tidak praktis ya?

Nah,  di sini anda mencoba untuk dapat mengubah konsepnya, yaitu user akan memasukkan nilainya melalui keyboard dan program akan mengeksekusinya untuk menampilkan nilai volume balok.

Kelihatannya lebih asyik, karena anda akan mempelajari bagaimana sistem berinteraksi dengan dunia luar.

Pada kesempatan kali ini, anda akan mempelajari mengenai :
  • Menggunakan class Scanner
  • Menangani input nilai dari user 
Belajar Java Programming Dari Dasar Memperoleh Input Dari User
Program dapat menerima input

Menggunakan class Scanner untuk memperoleh input

Class Scanner ini terdapat pada java.util package, jadi untuk menggunakannya kita harus memanggilnya dengan syntax :

import java.util.scanner;

Beberapa hal yang dapat dipahami dari class ini adalah :
  • Untuk menginput data, anda dapat menggunakan class Scanner, karena penginputan secara langsung dari console/keyboard tidak didukung oleh Java.
  • Java menggunakan System.out yang mengacu ke standar tampilan monitor (output) dan System.in untuk standar masukan (input) dari keyboard.
Sedangkan untuk menampilkan hasil output, maka anda dapat menggunakan method println.

Video tutorial Java, memperoleh input dari user :


Penjelasan mengenai class Scanner untuk menerima input

Untuk membuat Scanner, dapat dilakukan dengan syntax :

Scanner input = new Scanner(System.in);

Syntax di atas dapat dijelaskan sebagai berikut :
  1. Syntax new Scanner(System.in) digunakan untuk membuat objek dengan tipe Scanner.   
  2. Syntax Scanner input mendeklarasikan bahwa input adalah variabel yang berupa tipe Scanner.
  3. Keseluruhan dari syntax di atas bermaksud untuk membuat objek Scanner baru, dan menetapkannya sebagai referensi pada variabel input.
Dari sini anda sudah mendengar istilah objek, karena Java merupakan bahasa pemrograman yang beorientasi objek.Pembahasan mengenai objek akan di bahas lebih lanjut nanti.
Di sini anda cukup memahami bahwa objek itu, dihasilkan dari class. Karena di sini anda menggunakan class Scanner, maka anda membuat objek dari class tersebut.

"Suatu objek dapat memanggil method dengan cara memberikan objek tersebut suatu perintah atau tugas."

Jadi variabel input merupakan variabel referensi untuk objek Scanner.

Misalkan nilai yang diperlukan untuk menghitung volume balok adalah tipe desimal, maka kita dapat menggunakan method nextDouble() untuk membaca nilai yang bertipe double. Misalnya untuk membaca nilai atau angka yang bertipe double pada variabel panjang dapat dilakukan dengan :

double panjang = input.nextDouble()

 

Coding Java Untuk Input Angka Perhitungan Volume Balok


import java.util.Scanner;  
 public class InputPerhitunganVolumeBalok{  
   public static void main(String[] args){  

     Scanner input = new Scanner(System.in);  
         System.out.print("Masukkan nilai untuk panjang: ");  
         double panjang = input.nextDouble();  

         System.out.print("Masukkan nilai untuk lebar: ");  
         double lebar = input.nextDouble();  

         System.out.print("Masukkan nilai untuk tinggi: ");  
         double tinggi = input.nextDouble();  

         double volume = panjang * lebar *tinggi; //menghitung volume balok  

         System.out.println("Volume balok dengan panjang " + panjang +  
             ", lebar " + lebar + " dan tinggi " + tinggi +   
             " adalah " + volume);  
   }  
 }  


Belajar Java Programming Memperoleh Input Dari User
Membaca Input Dari Keyboard Dengan Java
Demikianlah Belajar Java Programming Memperoleh Input Dari User, semoga bisa menambah pengetahuan anda dalam mempelajari bahasa pemrograman.
Belajar Java Programming Memperoleh Input Dari User Belajar Java Programming Memperoleh Input Dari User Reviewed by JavaMan on 06.57.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.