Belajar Java Dasar Membuat Angka Random

Untuk membuat angka random, kita menggunakan class Random yang terdapat pada package java.util, atau melalui method static random dari class Math.

Objek dari class Random dapat menghasilkan random untuk  boolean, byte, float, double, int, long dan nilai Gaussian , sementara Math method random hanya dapat menghasilkan nilai double dalam rentang
0.0 ≤ a < 1.0, dimana  a adalah nilai yang dikembalikan oleh method random.

Generator dari objek dapat dibuat sebagai berikut :

Random randomNumbers = new Random;

Perhatikan kode dibawah ini :
int randomValue = randomNumbers.nextInt();

Method nextInt() akan menghasilkan angka random berkisar dari range –2,147,483,648 sampai
+2,147,483,647.

Kita dapat menambahkan parameter pada method tersebut, misalnya :

hasil = randomNumbers.nextInt(10);
Maka akan menghasilkan angka random dari 0 - 9.

Bagaimana bila kita menginginkan nilai acak berkisar di range 1 - 10?
Untuk menghasilkan angka random pada range tersebut, maka perlu dilakukan pergeseran, dengan menambahkan nilai shifting, dalam hal ini nilai terebut adalah 1 :

hasil = 1 + angkaRandom.nextInt(10);

Contoh:

1
 2
 3
 4
 5
 6
 7
 8
 9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
import java.util.Random;

public class AngkaRandom {
 
 public static void main( String args[] ){
 
 Random angkaRandom = new Random(); // generator angka random
 int hasil; // menyimpan setiap angka random yang dihasilkan
 
 // lakukan loop 100 kali
 for ( int counter = 1; counter <= 100; counter++ ){
  
  // ambil angka acak dari 1 - 9
  hasil = 1 + angkaRandom.nextInt( 9 );
  System.out.printf( "%d ", hasil ); // menampilkan angka random
  
  // jika counter habis di bagi 10, mulai baris baru sebagai output
  if ( counter % 10 == 0 )
   System.out.println();
  
  } // akhir for loop
 
 } // akhir main method
 
} // akhir class AngkaRandom

Output:
Belajar Java Dasar Membuat Angka Random
Ouput Program Membuat Angka Random

No comments

Bahasa Java. Powered by Blogger.