Belajar Java Memahami Dasar Method

Belajar Java Memahami Dasar Method

Belajar Java Memahami Dasar Method - Method adalah kumpulan berbagai pernyataan yang digabungkan bersama untuk melaksanakan suatu tugas.

Syntax untuk menetapkan method adalah :

modifier returnValueType namaMethod (list parameter) {
// Body method
}


Contoh method untuk menemukan nilai terbesar dari dua integer adalah :

public static int angkaMaksimum (int angka1, int angka2){


       int hasil;

       if (angka 1 > angka 2)
          hasil = angka 1;
       else
          hasil = angka 2;

       return hasil;

}


Memahami Dasar Method Pada Java
Method terdiri dari method header dan body method

Method header menetapkan modifiers, tipe return value, nama method dan parameter dari method.

Suatu method mungkin saja dapat mengembalikan sebuah nilai atau return value.

Sedangkan returnValueType adalah tipe data dari nilai yang dikembalikan oleh method. Beberapa method melakukan tugasnya tanpa mengembalikan suatu nilai.

Dalam kasus ini, method yang tidak mengembalikan nilai menggunakan keyword void.  Sebagai contoh void method ada pada main method, juga terdapat dalam System.exit() dan System.out.println()

Jika suatu method mengembalikan nilai, disebut dengan value-returning method; sebaliknya bila tidak mengembalikan nilai disebut dengan void method.

Variabel yang ditetapkan dalam method header dikenal sebagai formal parameter atau bisa disebut parameter. Parameter bisa disebut sebagai penampung, yaitu ketika method dipanggil, maka kita melewatkan (pass) nilai pada parameter tersebut.Nilai ini disebut sebagai parameter aktual atau argumen. Daftar atau list parameter mengacu pada tipe method, urutan dan jumlah dari parameter.

Method mungkin juga tidak memiliki parameter, sehingga parameter bersifat opsional, sebagai contoh method Math.random() tidak memiliki parameter.

Body method memiliki kumpulan pernyataan yang mengimplementasikan method tersebut. Body method dari method angkaMaksimum di atas menggunakan pernyataan untuk menetukan angka manakah yang lebih besar dan mengembalikan nilai dari angka tersebut.

Dengan tujuan agar  value-returning method mengembalikan sebuah nilai, maka pernyataan pengembalian menggunakan keyword return diperlukan. Method akan berhenti ketika pernyataan return tersebut dieksekusi.
Belajar Java Memahami Dasar Method Belajar Java Memahami Dasar Method Reviewed by JavaMan on 00.18.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.