7 Alasan Kenapa Belajar Java?

7 Alasan Kenapa Belajar Java?

7 Alasan Kenapa Belajar Java? - Ketika anda mulai ingin untuk mempelajari bahasa pemrograman, pastinya anda harus memilih bahasa pemrograman apa yang akan dipelajari.

Anda dapat menjatuhkan pilihan anda pada Java. Kenapa? Karena Java adalah salah satu bahasa pemrograman terbaik yang sudah diciptakan.

Java telah ada sebagai bahasa pemrograman dan bertahan selama 20 tahun terakhir ini. Java telah membuktikannya bahwa dari hari ke hari bahasa ini semakin maju.

Walaupun harus diakui, ada beberapa masa di mana pengembangan bahasa ini melambat, namun efeknya Java hadir dengan performa yang lebih baik.

Perubahan pada Enum, Generic, dan Autoboxing pada Java 5, serta kemajuan kinerja pada Java 6, dan dijadikannya Java sebagai bahasa pemrograman untuk android oleh raksasa Google, telah membuat Java sebagai bahasa programming yang banyak diminati.

7 Alasan Yang Membuat Anda Harus Belajar Java
Mengapa mempelajari Java?
Bila anda membandingkan manakah bahasa pemrograman yang terbaik? Bahasa pemrograman apa yang harus saya pelajari? Haruskah saya mempelajari Java? dan sebagainya.

Maka itu akan bergantung pada definisi anda tentang bahasa pemrograman terbaik, jika menyangkut popularitas, maka tidak diragukan, Java berada di atas, walaupun jika di bandingkan dengan C yang telah ada selama 50 tahun.

Dari segi kesempatan, dalam hal lapangan pekerjaan, Java menawarkan banyak kesempatan.

Anda dapat mengembangkan core Java berdasarkan aplikasi server, J2EE web dan aplikasi enterprise, dan bahkan bisa merambah ke pemrograman aplikasi berbasis android.

Alasan Mempelajari Java Bagi Pemula

Ada beberapa alasan yang menjadi pertimbangan mengapa Java menjadi bahasa pemrograman yang layak dipelajari dari segi kesempatan, pengembangan dan dukungan dari berbagai komunitas. 

Alasan-alasan tersebut antara lain adalah :

  1. Java itu mudah dipelajari
    Wow...benarkah?
    Bila anda melihat syntax Java, kebanyakan menggunakan bahasa Inggris, dan sedikit sekali karakter-karakter asing.

    Hal ini menjadikan program Java mudah dibaca dan juga mudah untuk dipelajari.

    Sebagai salah satu bahasa pemrograman terbaik, Java memang didesain agar mudah untuk dipahami, dan menghasilkan produk dengan cepat melalui bahasa ini.

  2. Java adalah bahasa pemrograman berorientasi objek
    Selama ini dikenal dua macam bahasa pemrograman yaitu prosedural dan berorientasi objek.

    Kelemahan dari bahasa prosedural adalah sulit untuk mengembangkan program dengan skala besar.
    Oleh karena itu pemrograman berorientasi objek diciptakan.

    Sekali anda mengenal dan memahami konsep pemrograman berorientasi objek mengenai Abstraction, Encapsulation, Polymorphysm dan Inheritance, maka anda dapat menggunakan semuanya dengan Java.

  3. Memiliki IDE yang luar biasa yaitu Eclipse dan Netbeans
    Percaya atau tidak, Eclipse dan Netbeans telah memiliki peran penting yang menjadikan Java sebagai salah satu bahasa pemrograman terbaik.

    Anda dapat melakukan koding menggunakan IDE dengan nyaman, terutama bila anda telah melakukan koding dalam Editor DOS atau Notepad.

    IDE ini tidak hanya menolong dalam proses penyelesaian kode, namun juga dalam kemampuannya untuk mendeteksi bug, yang merupakan salah satu hal penting dalam pengembangan program saat ini.
    IDE telah membuat terobosan dengan menjadikan pengembangan Java semakin mudah, cepat dan jelas.

    Terlepas dari IDE, platform Java juga memiliki beberapa tools lain yang sangat berguna yitu Maven dan ANT untuk membangun aplikasi Java, decompilers, JConsole, Visual VM untuk memonitor penggunaan Heap dan lain sebagainya.

  4. Memiliki API yang kaya dan dukungan dokumentasi yang luar biasa dari Javadoc
    Salah satu faktor yang membuat Java meraih kesuksesan adalah memiliki API yang kaya, dan yang lebih penting lagi API tersebut dapat terlihat karena hadir bersama dengan instalasi Java.

    Java menyediakan API untuk 
    I/O, jaringan, utilities, parsing XML, koneksi database, dan hampir semuanya.

    Apapun yang tertinggal, di cakup dengan open source libraries seperti Apache Commons, Google Guava, dan sebagainya.


    Selanjutnya terdapat Javadoc, yang membuat anda mempelajari Java semakin mudah. Javadoc juga menjadi referensi terpercaya saat anda melakukan koding.

    Javadoc juga sebagai dokumen yang banyak memberikan informasi mengenai Java API.

    Tanpa dokumentasi dari Javadoc, mungkin Java tidak akan populer, dan Javadoc juga yang menjadikan Java sebagai salah satu bahasa pemrograman terbaik.

  5. Memiliki open source library yang sangat lengkap
    Open source library memastikan bahwa Java dapat digunakan dimana saja.

    Karena Apache, Google dan banyak organisasi lainnya telah berkontribusi banyak dalam membangun library ini, yang memang memang membuat pengembangan Java semakin mudah, cepat dan efektif.

    Terdapat beberapa framework seperti Spring, Struts, Maven yang memastikan bahwa pengembangan java mengikuti cara terbaik pembuatan software, kemudian dipromosikan dengan menggunakan pola desain dan didukung oleh developer Java untuk memberikan hasil yang terbaik.

  6. Dukungan dari komunitas yang luar biasa
    Tidak bisa dipungkiri, komunitas ini telah menjadikan Java sebagai bahasa pemrograman yang memiliki kekuatan.

    Tidak peduli, sebagus apapun bahasa pemrograman, tidak akan bertahan jika tidak ada komunitas yang siap untuk menolong jika anda berada dalam kesulitan, dan saling berbagi pengetahuan.
    Berdasarkan komunitas ini, maka Java sangat beruntung.

    Java memiliki banyak sekali forum-forum yang aktif, stackoverflow, organisasi yang menyediakan open source dan beberapa grup dari pengguna Java untuk membantu segalanya.

    Jika anda seorang pemula, maka ada komunitas untuk menolong para pemula dalam belajar Java. Begitu pul halnya bila anda berada dalam level lanjut atau bahkan seorang expert.

    Banyak sekali programmer yang menggunakan open source, berkontribusi sebagai tester. Programmer ahli menyediakan saran gratis pada berbagai forum Java dan stackoverflow. Sehingga bagi para pemula akan memberikan rasa lebih percaya diri.

  7. Java itu gratis dan ada dimana saja.
    Semua orang suka dengan yang gratis.
    Java tidak memungut biaya untuk aplikasi yang dibuat, karena sejak awalnya Java sudah gratis.

    Faktor ini menjadikan Java semakin populer, dari programmer sebagai individu atau dari segi organisasi yang akan mengembangkan programnya dengan strategis.

    Java ada dimana saja.

    Benar sekali, Java ada di mobile, dekstop, card, dan sebagainya, begitu pula dengan banyaknya programmer Java.

    Banyaknya programmer Java juga menjadi alasaan, mengapa banyak organisasi memilih Java sebagai bahasa pemrograman untuk pengembangan baru dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya.
Nah, itulah 7 Alasan Kenapa Belajar Java? Hal-hal yang tentunya dapat menjadi pertimbangan anda untuk mempelajari Java.

Tentunya selama konsep pemrograman berorientasi objek masih menjadi salah satu yang terbaik, maka Java akan tetap semakin solid.
7 Alasan Kenapa Belajar Java? 7 Alasan Kenapa Belajar Java? Reviewed by Atta on 02.42.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.