7 Tips Cepat Belajar Java Pemula

7 Tips Cepat Belajar Java Pemula

7 Tips Cepat Belajar Java Pemula - Belajar bahasa pemrograman seperti Java bagi pemula memang seperti mempelajari bahasa dari dunia lain pada awalnya.

Tidak bermaksud mendramatisir, namun anda pasti mengalaminya saat melihat rentetan kode yang bahkan pada saat pertama berhadapan  kita sudah malas untuk melihatnya.

Tapi, tahukah anda, bagi seorang programmer, kode-kode yang nampak menjelimet itu adalah seperti sebuah karya seni?


Tampak aneh memang, namun memang begitulah yang sebenarnya terjadi, kode - kode tersebut bahkan bisa membuat seperti 'ketagihan', apalagi bila pesan romantis muncul yaitu error, ambil hikmahnya saja yaitu untuk melatih kesabaran he he...

7 Tips Mempelajari Bahasa Pemrograman Dengan Cepat
7 Tips Mempelajari Bahasa Pemrograman Dengan Cepat
Ada rasa kepuasan tersendiri, bila anda bisa menuangkan pemikiran walaupun dalam bentuk koding yang teramat sederhana, dan bisa berguna bagi orang lain.

Programmer menuangkan isi pikirannya dalam kode, seperti halnya penulis menuangkan ide cerita dalam tulisannya. Komputer hanyalah sebatas alat, yang menjalankan perintah-perintah yang dibuat oleh si programmer tersebut.

Tapi tahukah anda, berapa lama seseorang dapat menjadi master dalam suatu bidang? Apakah orang itu butuh satu hari, sebulan atau setahun atau bertahun-tahun?

Tidak ada yang instant dalam sebuah kesuksesan. Kerja keras tidak cukup, tapi butuh kerja cerdas untuk mengefisienkan dan mengefektifkan waktu dalam mempelajari sesuatu, apalagi kita hidup ditengah zaman yang memerlukan segala sesuatunya dengan cepat.

Okelah, di bawah ini ada beberapa tips yang diambil dari berbagai sumber dalam mempelajari pemrograman dengan cepat, tapi muncul pertanyaan lagi jadinya, secepat apa? Saya rasa batasan cepat disini equal dengan rasa puas, anda merasa tujuan tercapai bila anda merasa puas. 

Tips Untuk Belajar Bahasa Pemrograman

Tapi, bagaimanapun inilah beberapa tips dalam mempelajari bahasa pemrograman yang dapat anda terapkan  :

  1. Belajar dari dasar
    Untuk menjadi seorang programmer handal, memiliki dasar yang kuat dalam bahasa pemrograman yang digelutinya seperti Java, akan menjadi suatu hal yang fundamental.
    Memang akan lebih mengasyikan jika kita mengikuti tutorial, terus hanya copas kode dari orang lain, dan menjadi suatu aplikasi.
    Tapi apa artinya itu? Pemahaman apa yang anda dapatkan?. Belajarlah dari dasar, karena dengan pondasi yang kuat bangunan pun akan menjadi kuat.

  2. Fokus Dan Komitmen Memberikan Waktu Untuk Belajar.
    Fokus disini adalah, tidak berpindah-pindah materi. Jika anda belum memahami suatu materi, maka cobalah fokus untuk memahami terlebih dahulu materi tersebut, baru kemudian melanjutkan ke tahap berikutnya.
    Selanjutnya adalah komitmen. Salah seorang motivator terkenal juga menyatakan bahwa untuk mencapai sesuatu, harus memiliki komitmen.
    Mempelajari sedikit demi sedikit sampai memahami dasarnya, setiap hari, akan lebih efektif, dibandingkan dengan langsung belajar berjam-jam dalam satu hari. Jadi cobalah luangkan waktu anda misalnya satu jam atau dua jam setiap hari untuk mempelajari pemrograman yang anda sukai.
    Jangan jadikan hal ini sebagai suatu beban, jadikanlah hal ini sebagai aktivitas yang menyenangkan.

  3. Menyusun Rencana Untuk Mempelajari Materi
    Alangkah baiknya jika anda memiliki rencana atau target untuk mempelajari materi tertentu. Sehingga dengan demikian tidak ada materi yang terlewatkan.Dengan demikian, andapun menjadi mengetahui, dimana kelamahan pemahaman anda mengenai materi tersebut.

  4. Sarana Pendukung Yang Terpercaya.
    Yang dimaksud dengan sarana pendukung terpercaya misalnya buku pemrograman, ebook, atau bahkan guru atau mentor pemrograman. Kursus pemrograman juga merupakan ide yang bagus. Yang terpenting adalah, ketika anda menemukan masalah yang sulit untuk dipecahkan dalam pemrograman, anda memiliki referensi terpercaya yang bisa membantu anda memberikan solusi.

  5. Kembangkan Ide Kreatif Anda, Berikan Masalah Untuk Dipecahkan.
    Dalam buku-buku atau di internet yang menjadi referensi anda, pasti terdapat banyak contoh-contoh pemrograman, dari yang paling dasar sampai tingkat lanjut.
    Tidak ada salahnya, setelah anda mencoba satu contoh pemrograman, berdasarkan koding-koding yang sudah anda pelajari sebelumnya, cobalah membuat sesuatu yang baru.
    Sesuatu yang baru di sini artinya, berikanlah masalah atau problem oleh anda sendiri, kemudian cobalah memecahkannya dengan kemampuan anda sendiri.
    Ini akan melatih algoritma dalam alur pemrograman dengan efektif.

  6.  Belajarlah Dengan Koding, Bukan Hanya Membaca.
    Mempelajari sesuatu akan mudah dipahami dan berhasil bila kita mempraktekannya, istilahnya dikenal dengan learning by doing. Jadi tidak hanya sebatas teori, oleh karena itu, anda mau tidak mau harus menulis kode-kode bahasa pemrograman tersebut, menjalankan program, dan memperbaiki error yang terjadi.

  7. Istirahatkan Jika Pikiran Anda Terasa Lelah
    Otak memiliki batasan dalam menyerap materi-materi yang dipelajari. Jadi jika pikiran mulai terasa lelah, hentikanlah dahulu proses belajar anda. Berikan rasa rileks terlebih dahulu pada otak anda. Lanjutkanlah kembali ketika pikiran anda sudah fresh. Cara ini akan memaksimalkan proses belajar bahasa pemrograman.
Nah, itulah 7 Tips Cepat Belajar Java Pemula yang mudah-mudahan bisa membantu anda untuk mempelajari bahasa pemrograman. 

Yang perlu diingat adalah, tidak ada keberhasilan atau kesuksesan yang ditempuh dalam waktu sekejap, semuanya butuh pembelajaran terlebih dahulu.

Tidak ada komentar

Bahasa Java. Diberdayakan oleh Blogger.