8 Alasan Google Memilih Java Sebagai Bahasa Pemrograman Android Pada Smartphone

Sekilas Mengenai Google, Android, Java dan Smartphone

Google mencuri hati pengguna smartphone ketika menggunakan sistem operasi android versi pertamanya.

Pada saat itu ketika Nokia dengan sistem operasi andalannya yaitu Symbian, merajai pasaran smartphone, maka Google memperkenalkan versi pertama android di tahun 2007.
Kini smartphone dengan sistem operasi android merajai dunia dengan lebih dari 85 persen smartphone menggunakan android dengan berbagai versi.

Sumber kode android di rilis oleh Google melalui lisensi open source, walaupun sebagian besar perangkat android telah dilengkapi dengan software tertentu, termasuk software yang dibutuhkan untuk memperoleh pelayanan dari Google.


Android didesain dengan tujuan utama untuk pernagkat mobile yang bertipe touchscreeen, dan android ini berdasarkan Linux kernel.

8 Alasan Google Memilih Java Sebagai Bahasa Pemrograman Android Pada Smartphone
Google, Android, Java dan Smartphone
Android memiliki user interface yang dikenal sebagai manipulasi secara langsung, karena hanya dengan menyentuh layar, maka software dapat berinteraksi dengan dunia luar, sesuai dengan keinginan user, misalnya untuk memanipulasi objek pada layar yang dilengkapi dengan keyboard virtual untuk memasukkan teks.
 
Aplikasi android dan games menggunakan SDK, atau android software develompment kit.

Aplikasi dan games ini tentunya populer dikalangan pengguna smartphone, dan ternyata android SDK di compile menggunakan  bahasa program Java. Jadi kenapa Java yang dipilih diantara sekian banyaknya bahasa pemrograman?



Jadi Kenapa Google Harus Memilih Java?

Ada beberapa alasan kuat, mengapa Google memilih Java, diantaranya adalah :
  1. Java adalah bahasa pemrograman yang populer, para developer mengetahuinya dan karena begitu familiar, mereka tidak perlu 'mempelajarinya'. Java adalah bahasa pemrograman yang paling terkenal di dunia. Selain itu dengan banyaknya para software engineer yang ahli dalam Java semakin membuat mudah bagi mereka untuk melakukan compile aplikasi dan games.

  2. Java beroperasi dalam Virtual Machine, jadi tidak perlu di recompile untuk setiap smartphone, dan Java memberikan fasilitas keamanan yang bagus. Hal ini menjadi fitur yang sangat penting bagi Java.Berjalan di Virtual Machine dan tidak memerlukan recompilng adalah poin yang sangat dahsyat bagi Java. Oleh karena itu, maka proses pemisahan operasi dari aplikasi satu sama lain akan semakin mudah, karena antara satu aplikasi dengan aplikasi lainnya tidak akan saling menggangu.

  3. Karena Java merupakan bahasa pemrograman paling populer, maka tools untuk pengembangan yang diperlukan oleh developers tersedia dalam jumlah besar. Java juga memiliki dukungan open source yang sangat luar biasa, dengan banyak library dan tools yang memudahkan pekerjaan para developer.

  4. Beberapa smartphone telah menggunakan Java ME, jadi java telah dikenal dalam industri seluler dan oleh para software engineer.

  5. Untuk kebanyakan aplikasi, perbandingan kecepatan program bukanlah menjadi masalah, jika dibandingkan suatu program dengan menggunakan bahasa pemrograman tingkat rendah.

  6. Android sebagai sistem operasi telah berjalan di berbagai platform hardware termasuk android wear, smart TV dan sebagainya.

  7. Java mengizinkan developer untuk membuat aplikasi sandbox, dan membuat sistem keamanan yang lebih baik, sehingga aplikasi yang buruk dan dapat merusak tidak akan mematikan sistem operasi secara keseluruhan.

Nah, itulah beberapa alasan mengapa Google memilih Java di balik kesuksesan android.

2 komentar:

Bahasa Java. Diberdayakan oleh Blogger.