Belajar Java Proses Pengembangan Software

Belajar Java Proses Pengembangan Software

Mengembangkan suatu produk software Java merupakan suatu proses engineering.

Pengembangan software ini memiliki alur yang sama yaitu terdiri dari beberapa tingkatan, hal ini berlaku pada software untuk skala besar ataupun skala kecil.

Tingkatan alur proses untuk mengembangkan suatu produk software adalah :
  • Persayaratan spesifikasi
  • Analisis Sistem
  • Desain Sistem
  • Penerapan
  • Pengujian
  • Distribusi
  • Pemeliharaan
Alur pengembangan software Java
Alur Pengembangan Software Java

A. Persyaratan Spesifikasi

Persayaratan spesifikasi ini merupakan proses yang bersifat formal untuk mencari tujuan dari penggunaan software tersebut dan mendokumentasikan secara detail mengenai apa yang harus dilakukan oleh sistem software tersebut.

Dalam dunia pengembangan software yang nyata, masalah terkadang tidak secara jelas disampaikan oleh klien. Jadi pengembang harus bekerja lebih dekat dengan klien mereka, baik itu dari perusahaan ataupun perseorangan dan mempelajari masalah tersebut dengan hati-hati untuk menemukan solusi yang tepat.

B. Analisis Sistem

Sistem analisis bertujuan untuk menganalisa aliran data dan untuk mengindentifikasi input dan output pada sistem. Ketika anda melakukan analisis, sistem analisis ini akan membantu untuk mengidentifikasi output apa yang pertama kali aka keluar, kemudian akan menggambarkan input apa yang diperlukan untuk menghasilkan output tersebut.

C. Desain Sistem

Sistem desain bertujuan untuk mendesain proses untuk memperoleh output dari suatu input. Tahapan ini akan melibatkan banyak level dari konsep abstraction untuk membagi-bagi masalah menjadi komponen yang dapat diatur dan strategi desain untuk menerapkan setiap komponen.

Anda dapat melihat setiap komponen sebagai suatu sub-sistem yang melakukan tugas tertentu dari sistem. Dasar terpenting untuk desain sistem dan analisis sistem adalah input, proses dan output.

D. Penerapan

Penerapan melibatkan penterjemahan sistem desain ke dalam program. Program terpisah ditulis untuk setiap komponen dan kemudian diintegrasikan untuk dapat bekerja sama. Tahapan ini memerlukan penggunaan bahasa pemrograman Java. Penerapan ini juga akan melibatkan coding, pengujian, dan debugging (menemukan error pada kode pemrograman Java).

E. Pengujian

Pengujian memastikan kode program Java yang digunakan memenuhi persyaratan dan bebas dari bug. Tim independen yang tidak terlibat dalam penerapan dan desain dari produk, biasanya melakukan beberapa pengujian.

F. Distribusi

Distribuasi bertujuan untuk membuat software ada untuk dapat digunakan. Bergantung pada tipe software, maka software ini dapat diinstal pada setiap mesin dari pengguna atau pun pada server yang dapat diakses melalui internet.

G. Pemeliharaaan

Pemeliharaan ditekankan pada pemutakhiran dan meningkatkan produk. Suatu produk software harus dapat berlanjut untuk melakukan dan meningkatkan kualitasnya dalam lingkungan yang baru.

Tahap ini memerlukan pemutakhiran berkala atau update berkala, agar mampu untuk menemukan bug terbaru, dan perubahan-perubahan yang mungkin diperlukan.

No comments

Bahasa Java. Powered by Blogger.