Memanggil Method Yang Mengembalikan Nilai (Value Returning Method)

Ketika agan ingin menggunakan method, maka method itu harus 'dipanggil'. Ketika suatu method dipanggil, yang terjadi adalah kode yang berada dalam method tersebut akan dieksekusi.

Ada dua cara untuk memanggil method, tanpa harus berteriak tentunya, he he...

Yang perlu diperhatikan dari mengenai dasar method adalah bahwa method ini mengembalikan nilai atau tidak, atau dengan kata lain method ini adalah value-returning method ataukah void method?

Ketika suatu method mengembalikan nilai, maka cara memanggil method tersebut biasanya adalah dengan diperlakukan sebagai nilai.



public class TestValueReturningMethod {
   
    public static void main(String args []){
       
        double jarakTempuh = 176.8;
        double kecepatanMobil = 68.9;
        double waktuTempuh = waktu (jarakTempuh, kecepatanMobil);
        System.out.printf("%.2f jam", waktuTempuh);
       
    }
   
    public static double waktu (double jarak, double kecepatan){
        double waktu = jarak / kecepatan;
        return waktu;
    }

}


Output:
2.57 jam

Method apa yang terdapat pada kode program di atas? Ya, kode program itu memiliki method main dan juga method waktu. Method main ini juga sama  seperti method lainnya, yang membedakannya adalah method ini akan dipanggil oleh Java Virtual Machine (JVM) untuk menjalankan pogram.

Bagian-bagian method main tersebut adalah:
  • Memiliki modifiers public dan static
  • Merupakan void method
  • Memiliki nama yaitu main
  • Parameternya adalah array dari String atau String []

Penting juga untuk dipahami, bahwa pernyataan-pernyataan yang terdapat dalam method main ini dapat memanggil method lainnya yang didefinisikan dalam class yang memiliki method main atau dalam class lainnya.

Pada contoh di atas, method main memanggil waktu(double jarak, double kecepatan), yang juga didefinisikan pada class yang sama dengan method main tersebut.

Bagaimana cara kerja method waktu pada kode di atas?

Simpel saja ternyata, yaitu ketika method waktu dipanggil dengan pernyataan double waktuTempuh = waktu (jarakTempuh, kecepatanMobil);, maka nilai dari variabel jarakTempuh yaitu 176.8  akan dilewatkan pada jarak, dan nilai dari variabel kecepatanMobil yaitu 68.9 akan dilewatkan pada kecepatan di dalam method waktu.

Kemudian kendali akan diambil oleh method waktu dan body method waktu akan dieksekusi sampai dengan mengembalikan nilai, dalam hal ini return waktu;. Setelah method waktu mengembalikan nilai, maka kendali akan kembali dipegang oleh method main, dengan memperoleh nilai kembali atau return value yang ditetapkan pada variabel waktuTempuh.

No comments

Bahasa Java. Powered by Blogger.