Variabel instance, set method dan get method

Sebuah class pada umumnya terdiri dari satu atau beberapa method yang memanipulasi atribut yang dimiliki oleh objek tertentu dari class. Atribut direpresentasikan sebagai variabel-variabel di dalam deklarasi class.

Variabel-variabel itu disebut juga dengan fields dan dideklarasikan di dalam deklarasi class, namun diluar dari bodi method yang dideklarasikan dalam class tersebut, sedangkan untuk variabel yang dideklarasikan di dalam method disebut juga dengan variabel lokal.


belajar_java_variabel_instance_set_method_get_method

Ketika setiap objek dari suatu class mengelola salinan dari atribut itu sendiri, field yang merepresentasikan atribut itu disebut juga dengan variabel instance, dan setiap objek dari class memiliki variabel instance yang terpisah di dalam memori.

Lihat contoh di bawah ini:

public class Buah {
 
 private String namaBuah;//variabel instance
 
 
 //Method untuk setting nama buah
 public void setNamaBuah(String nama) {
  namaBuah = nama;//Menyimpan nama buah
 }

 //Method untuk mengembalikan nama buah
 public String getNamaBuah() {
  return namaBuah;//Mengembalikan nama buah
 }
 
 //Method menampilkan nama buah
 public void tampilkanNamaBuah(){
  System.out.printf("Ini adalah buah %s", getNamaBuah());
 }

}

Pada kode di atas, line 3 adalah deklarasi untuk variabel instance. Maka setiap objek dari class Buah, akan memiliki satu salinan dari setiap variabel instance. Sebagai contoh, jika terdapat 3 objek dari class Buah, maka setiap objek akan memiliki salinannya sendiri dari namaBuah.

Terus apa keuntungannya memiliki variabel instance?

Dengan variabel instance, maka setiap method dari class (dalam hal ini class Buah) dapat memanipulasi setiap variabel instance yang ada pada class tersebut (dalam hal ini namaBuah).

Method setNamaBuah dan getNamaBuah (set dan get method)

Method set dan get ini terkait dengan salah satu konsep pemrograman Java, yaitu Encapsulation.

Pada method setNamaBuah di line 7-9, method ini tidak mengembalikan nilai data apapun ketika menyelesaikan tugasnya, dengan kata lain ini adalah tipe void.

Method ini menerima satu parameter, yaitu nama, yang merepresentasikan nama buah yang akan di pass-kan pada method sebagai argumen.

Sedangkan method getNamaBuah, pada line 12- 14, akan mengembalikan nilai dari namaBuah yang dimiliki oleh objek tertentu dari class Buah.

Method ini tidak memiliki parameter, maka tidak memerlukan informasi tambahan untuk melaksanakan tugasnya. Method getNamaBuah akan mengembalikan nilai spesifik dalam tipe String

Pernyataan return pada line 13, akan melewatkan nilai dari variabel instance namaBuah kembali ke pernyataan yang memanggil method getNamaBuah.

Untuk method tampilkanNamaBuah, pada line 17-19, method ini akan memanggil method getNamaBuah, dan ketika nilainya dikembalikan, maka nilai tersebut akan digunakan untuk ditampilkan, lihat line 18.

Membuat class TestBuah Untuk Mendemonstrasikan class Buah


Untuk mendemonstrasikan class Buah, anda bisa membuat satu class lagi dengan nama misalnya TestBuah. Seperti contoh di bawah ini:
import java.util.Scanner;
public class TestBuah {
 
 public static void main (String args []){
  
  Scanner input = new Scanner (System.in);
  
  Buah buah_1 = new Buah();//membuat objek dari class Buah
  
  //Menampilkan inisialisasi awal nama buah
  System.out.printf("Inisialisasi awal nama buah adalah: %s\n\n", 
       buah_1.getNamaBuah());
  
  //membuat prompt untuk memasukkan nama buah
  System.out.println("Masukkan nama buah: ");
  String nama = input.nextLine();
  
  buah_1.setNamaBuah(nama);//Setting nama buah
  System.out.println();
  
  buah_1.tampilkanNamaBuah();//Menampilkan nama buah
 }

}


Contoh output:
Inisialisasi nama buah adalah: null

Masukkan nama buah:
Anggur

Ini adalah buah Anggur


Mungkin anda bertanya, kenapa pada inisialisasi nama buah memberikan nilai null?

Karena tidak seperti variabel lokal yang tidak secara otomatis diinisialisasi, setiap field memiliki nilai defaultnya sendiri, dengan kata lain yaitu nilai yang disediakan oleh Java ketika anda tidak menetapkan nilai inisial dari field tersebut.

Oleh karena itu, field tidak memerlukan inisialisasi secara eksplisit terlebih dahulu sebelum digunakan dalam program. Sebagai contoh di atas, nilai default untuk tipe String adalah null.


Variabel instance, set method dan get method Variabel instance, set method dan get method Reviewed by Bahasa Java on 06.06.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.