Home » , » Memahami Class DecimalFormat Dalam Pemrograman Java

Memahami Class DecimalFormat Dalam Pemrograman Java

Ketika berurusan dengan angka-angka desimal terkadang anda memerlukan untuk memformatnya. seperti membuatnya menjadi dua atau tiga angka dibelakang koma ataupun memerlukan untuk menambahkan angka nol di depang angka tersebut.

Untungnya Java menyediakan banyak cara untuk melakukan hal itu seperti menggunakan Math.round() atau setScale dari class BigDecimal. Namun satu hal yang perlu diperhatikan jika menggunakan Math.round() maka pembulatan angka akan dilakukan, misalnya 2.8 akan dibulatkan menjadi 3.0.

Baca juga:
Class BigInteger

Oleh karena itu jika anda ingin memformat angka desimal sampai dengan n angka, maka menggunakan DecimalFormat adalah pilihan yang tepat. Class java.text.DecimalFormat adalah subclass dari class NumberFormat sehingga bisa menyediakan cara yang dinamis untuk melakukan format pada angka.

Class_DecimalFormat_Java


Ketika anda membuat instance dari DecimalFormat, anda bisa melakukan passing String yang menjelaskan format angka desimal mana yang harus dipakai dan kemudian method DecimalFormat.format() akan melaksanakan tugasnya.



Kali ini akan dijelaskan bagaimana cara untuk melakukan format angka desimal dalam 2 angka dan 3 angka dibelakang titik, menggunakan tanda 'koma' untuk melakukan pemisahan setiap 3 digit angka, dan lain sebagainya.

Cara Menggunakan DecimalFormat 


Class DecimalFormat berada dalam package java.text dan inherit dari class NumberFormat. Untuk dapat melakukan format angka, maka instance dari class DecimalFormat harus dibuat dengan pola yang sudah ditentukan.

Ketika instance itu telah dibuat, selanjutnya anda bisa memanggil method DecimalFormat.format() untuk mengkonversi tipe double atau tipe long menjadi bentuk format yang diinginkan.

Berikut ini adalah contoh kode yang bisa membantu anda untuk lebih memahaminya:


Output:


Meskipun java.text.DecimalFormat adalah class yang sangat membantu untuk memformat bilangan secara dinamis dalam pemrogrman Java, namun class ini tidak thread-safe Sehingga disarankan untuk tidak membagi format desimal diantara beberapa thread.

Demikianlah cara memformat angka desimal dengan DecimalFormat, meskipun terdapat beberapa cara lain yang dapat digunakan, namun metode ini adalah yang paling simpel, mudah, dan rapi untuk memformat bilangan desimal.

0 komentar:

Posting Komentar