#10 Compiler Dan Editor Online Java Terbaik

Java adalah bahasa yang selalu hadir dengan aplikasi baru di semua bidang teknologi termasuk dunia mahasiswa ilmu komputer, pengajar, pengembang aplikasi individual dan juga development house kelas enterprise selama beberapa tahun ini.

Hal ini juga menjadikan Java sebagai pemrograman berorientasi objek paling populer dan banyak digunakan dalam pendidikan untuk mengajar siswa mengenai pemrograman dan konsep dasarnya.

Pada artikel ini, kita akan melihat berbagai tools Java online yang menawarkan fitur untuk mengedit kode, mengkompilasi, debug dan menjalankan kode java serta masih banyak yang lainnya.

Fitur yang ditawarkan oleh kompiler Java online dapat bervariasi, mulai dari kompiler dasar yang mampu mengubah file .java menjadi file .class dengan fitur lengkap cloud sampai pada IDE yang dapat digunakan untuk mengelola proyek Java kelas enterprise.

CompileJava.Net misalnya adalah pilihan tepat untuk mengkompilasi kode java secara online dan juga menjalankan kode yang dikompilasi untuk melihat hasilnya langsung di browser. Kompiler Java serupa lainnya termasuk tool seperti repl.it, JDoodle, Browxy, Ideone dan sebagainya.

compiler_editor_java_online_terbaik


Terdapat banyak lingkungan pengembangan berbasis cloud yang canggih seperti CodeEnvy, Koding, Cloud9 dan sebagainya. Alat pengembangan online canggih ini menyediakan rangkaian fitur lengkap untuk bersaing dengan IDE Java yang sangat populer seperti Eclipse, NetBeans dan JDeveloper, yang berjalan di komputer atau server.

Kategori lain dari kompiler editor Java online yang cepat menjadi populer dan mencakup alat untuk wawancara coding secara online adalah Remoteinterview.io dan CodeBunk.

Berikut ini adalah 10 compiler dan editor online Java terbaik.

1. CompileJava.Net


CompileJava.Net adalah tool online yang sangat sederhana dan sangat mudah dijalankan untuk mengkompilasi dan mengedit kode Java. Pengguna cukup menempelkan kode dan mengklik COMPILE & EXECUTE untuk melihat hasilnya langsung di browser.

CompileJava.Net beroperasi sejak 2013 dan tersedia gratis untuk digunakan oleh siapa saja. Tool ini banyak digunakan secara luas oleh pemula Java, pelajar dan institusi pendidikan untuk pengajaran pemrograman Java.

Beberapa fitur utama CompileJava.Net adalah:

  • Pilihan untuk membuat salinan kode pada GitHub agar mudah dibagikan dengan orang lain
  • Pilihan untuk mendownload source dan compiled classes
  • Pilihan untuk mengimpor Gist 
  • Pilihan tema yang banyak dan sesuai dengan gaya pengkodean user
  • Pilihan untuk pass pada command line argument
  • Membagi beberapa public class ke file yang berbeda 
  • Dukungan untuk Applet dan sebagainya termasuk JPanel.


2. Browxy


Browxy termasuk memiliki peringkat atas di antara kompiler java gratis yang terdapat secara online berdasarkan pada fitur yang ditawarkan dan kemudahan penggunaan.

Saat artikel ini di tulis, Browxy masih dalam versi beta, tapi cepat menjadi populer di kalangan pelajar dan pengembang java yang suka bermain-main dengan Java secara online di browser.

Pengguna  dapat membuat akun di Browsy.com dan pengguna dapat tetap memantau kodenya. Compiler ini juga dapat mengirimkan cuplikan dan tampilan kode serta menggunakan kode publik yang dikirimkan oleh pengguna lain.

Dan tentu saja terdapat pilihan agar pengguna juga dapat menjaga source code tetap pribadi. Browxy sangat mudah digunakan dan simpel secara online. Terdapat 3 view untuk compiler ini yaitu Console, Applet dan tampilan log view.


3. Repl.it


Repl.it telah  menyediakan lingkungan pemrograman interaktif secara online untuk banyak bahasa termasuk Java. Repl.it adalah salah satu situs web yang dikelola dengan baik dan diciptakan oleh tim yang termasuk penggemar terhadap teknologi. Tool ini menyediakan editor kode Java, memiliki banyak contoh yang telah siap pakai dan juga dukungan fitur terminal emulator lengkap.

Pengguna juga memiliki pilihan untuk meng-share karyanya dengan orang lain serta dapat  menyimpan sesi tertentu di repl.it untuk dikerjakan ditahap selanjutnya.

Repl.it juga menawarkan fitur canggih seperti integrasi API. Seseorang dapat menggunakan API Repl.it lalu menambahkan fitur kompilator dan editor di website, aplikasi atau tool mereka sendiri yang kemudian dapat digunakan untuk hackaton, interview ataupun lomba koding. Repl.it juga menjadi sangat populer di kalangan komunitas pengajar dan pewawancara.

4. TutorialsPoint


TutorialsPoint adalah salah satu situs paling populer di luar sana karena mempelajari berbagai bahasa pemrograman termasuk Java dan menyajikan tutorial Java dengan lengkap.

Hal terbaik tentang belajar Java di tutorialspoint.com adalah adanya kompiler Java yang menyertainya sehingga bisa digunakan untuk mengedit dan menjalankan kode Java di browser.

Tutorial Java compiler dan editor menawarkan banyak fitur seperti membuat dan mengelola proyek dengan lengkap, menyimpan kode, mendownload kode dan masih banyak lagi.


5. Ideone


Ideone adalah salah satu compiler dan editor Java online gratis terbaik. Fitur utama dari Ideone mencakup penyorotan sintaks, pilihan pengeditan source code dan pilihan untuk viewable apakah publik atau pribadi saja.

Pengguna juga dapat memeriksa waktu yang dibutuhkan untuk pengeksekusian kode, pemanfaatan memori, error message dan sebagainya saat menjalankan kode Java.

Ideone adalah salah satu kompiler kode yang paling canggih dan mendukung banyak bahasa pemrograman dengan menggunakan engine Sphere.



Engine sphere ini juga tersedia untuk penggunaan komersial dan banyak digunakan dalam kontes koding, Hackathons, lembaga pelatihan, sektor pendidikan untuk mengajar coding dan interview koding. Mesin sphere dapat digunakan oleh aplikasi pihak ketiga dengan menggunakan API yang telah disediakan.

6. CodeEnvy


CodeEnvy adalah salah satu nama besar di pasar online editor dan IDES. CodeEnvy sangat populer di kalangan banyak perusahaan dan digunakan oleh beberapa nama besar termasuk TIAA, YouthDigital, Redhat dan lainnya.

Developer perorangan serta peminat yang berencana belajar coding dapat menggunakan edisi gratis CodeEnvy yang juga kaya fitur untuk dijalankan dan dapat diedit juga dikompilasi secara online.

CodeEnvy dibangun menggunakan salah satu proyek open source yang paling populer yaitu Eclipse Che. Hal ini menjadikannya sangat terukur dan dapat disesuaikan lebih lanjut dengan menggunakan plugin Che.

Dua nama besar di dunia editor kode komersial lainnya yaitu Cloud 9 dan Koding. CodeEnvy kebetulan memberikan persaingan yang ketat bagi mereka dalam hal fitur yang ditawarkan untuk pengeditan kode secara online.

7. JDoodle


JDoodle adalah kompiler Java online yang sangat sederhana untuk mengedit, mengkompilasi, mengeksekusi, menyimpan dan berbagi program Java secara online di browser.

JDoodle mendukung semua library standar, cs1.keyboard serta setiap jar lainnya yang tersedia di repositori maven. JDoodle juga mendukung banyak bahasa lain termasuk PHP, C / C ++, Python, Ruby dan Perl.

Dengan JDoodle, pengguna juga dapat berkolaborasi dengan orang lain dengan membagikan URL unik yang dibuat untuk kode, pengguna dapat melakukan peer programming, melihat orang lain melakukan pengkodean, melakukan koreksi dan masih banyak lagi.


8. Cloud9


Dalam beberapa tahun terakhir terjadi pergeseran besar dari lingkungan pengembangan berbasis desktop menjadi tools berbasis cloud.  Trend ini menonjol tidak hanya di antara organisasi besar namun juga di kalangan para pengembang termasuk  orang yang belajar.

Tool seperti Cloud 9 menjadi paling diuntungkan dengan hal ini karena menawarkan hampir semua fitur yang ditemukan di IDES berbasis dekstop yang telah lebih dulu ada.

Cloud 9 adalah editor Java  komersial yang sangat populer dan sukses dan banyak digunakan oleh organisasi dengan berbagai skala.

Bagi para pemula Java, Cloud 9 juga menawarkan versi gratis yang cukup bagus dengan menawarkan satu workspace publik dan pribadi serta dukungan komunitas secara gratis.


9. RemoteInterview.io


Remoteinterview.io berfokus secara khusus pada kebutuhan pewawancara dan menawarkan fitur untuk memudahkan proses wawancara.

Untuk melakukan wawancara, sesi bisa dibuat dan dibagikan kepada kandidat untuk menyelesaikan coding secara langsung di browser. Pengguna bisa melihat eksekusi kode, kesalahan koding dan langsung mengevaluasi kandidat.

Editor Java dan IDE yang ditawarkan oleh RemoteInterview.io dapat digunakan untuk pemrograman berpasangan dan mewawancarai programmer Java tanpa memerlukan instalasi apapun serta dapat digunakan untuk berbagi cuplikan kode Java.

CodeBunk adalah berada dalam kategori yang sama dengan RemoteInterview.io dan juga menawarkan fitur yang kurang lebih sama.


10. Java Online Compiler


Selanjutnya adalah Java Online Compiler dan merupakan yang terakhir dalam daftar compiler dan editor java online terbaik.

Alasan dimasukkannya kompiler ini adalah user interface sederhana yang ditawarkannya dengan menyediakan jendela editor tempat pengguna bisa menulis atau menyalin / menyisipkan kode Java.

Untuk mengeksekusi kode, pengguna tinggal mengklik tombol RUN dan melihat hasil compile serta outputnya secara langsung di browser dalam dua jendela yang terpisah.

0 komentar:

Posting Komentar