Home » , » #5 Tips Belajar Bahasa Pemrograman Dasar Dengan Cepat

#5 Tips Belajar Bahasa Pemrograman Dasar Dengan Cepat

Pada saat profesi pekerjaan tertentu tergerus oleh perkembangan teknologi dan otomatisasisi, ada satu keterampilan yang terus menjadi lebih diminati daripada sebelumnya, yaitu koding.

Masalahnya memang benar koding itu  bukanlah sesuatu yang mudah. Butuh banyak waktu, kerja keras, dan dedikasi untuk memahami dasar-dasar pengkodean. Ini sama sja seperti belajar bahasa baru tentu saja membutuhkan banyak waktu dan usaha.

Namun, setelah anda berhasil mempelajari bahasa kedua, anda biasanya bisa belajar yang ketiga dan keempat tanpa banyak masalah. Dengan setiap topik baru, semakin cepat anda mulai bermain dengan kode-kode bahasa planet ini, semakin cepat anda akan mempelajari konsep yang diberikan, jadi intinya tetap semangat dan ketekunan. Jangan menyerah sebelum bertempur.

Mungkin anda masih akan menggaruk-garuk kepala saat mencoba untuk menerapkan suatu kode sederhana untuk pertama kalinya.

Terlintas dalam pikiran anda "Mengapa begini dan mengapa begitu?", tapi ini adalah ciri yang positif. Artinya anda memiliki rasa ingin tahu dan ini bagus dalam bidang ilmu apapun.

Meskipun tidak mungkin untuk memberitahukan semua hal yang perlu diketahui tentang pengkodean dalam satu sumber tunggal, pertimbangkan artikel ini sebagai panduan pengantar.

Artikel ini akan memberi beberapa tips, informasi, dan terminologi yang membantu anda untuk memutuskan apakah pengkodean adalah sesuatu yang akan anda minati lebih lanjut nantinya.


belajar_bahasa_pemrograman_dasar_dengan_cepat


Berikut ini adalah tips-tips untuk belajar bahasa pemrograman dasar dengan cepat:

1. Ketahuilah Tujuan Anda Belajar Pemrograman


Apa tujuan anda mempelajari pemrograman? Setiap orang pasti memiliki alasan yang berbeda-beda kenapa mereka harus belajar bahasa pemrograman. Mungkin saja seseorang hanya ingin mencoba-coba tapi tidak serius ingin menjadi programmer atau orang lain mungkin memiliki keseriusan ingin berkarir dalam bidang ini karena prospek masa depan yang lebih baik dengan teknologi yang semakin berkembang.



Tapi apapun alasannya, dengan mengetahui "mengapa" anda ingin mulai belajar pemrograman, akan membantu untuk menentukan arah yang ingin anda ambil dan berapa banyak waktu dan energi yang dapat berikan untuk hal ini.

Misalnya, jika anda hanya ingin mempelajari dasar-dasar pemrograman, anda mungkin tidak perlu berinvestasi dalam bootcamp coding yang intensif. Anda bisa saja hanya mencari buku dan tutorial online yang banyak tersebar diinternet dan gratis.

Tetapi jika anda benar-benar bertekad untuk menginvestasikan diri dan ingin membuat karir pemrograman ataupun hanya ingin menggunakan keterampilan baru untuk memperbaiki pekerjaan anda saat ini atau memulai bisnis baru, maka anda pasti ingin mempertimbangkan untuk bergabung dengan kursus atau program coding.

Jadi tanyakan pada diri anda, untuk apa saya belajar pemrograman? Dan segala sesuatu akan mengikuti setelahnya.

2. Memilih Bahasa Pemrograman Yang Akan Dipelajari


Sebelum anda mulai belajar, anda pasti ingin memilih bahasa pemrograman yang tepat untuk dipelajari.

Ada banyak pendapat dan perdebatan yang berbeda dan seakan tidak pernah berakhir tentang bahasa pemrograman manakah yang "terbaik"?, tapi pada dasarnya apa yang perlu anda ketahui adalah bahwa tidak ada bahasa pemrograman "terbaik". Setiap bahasa pemrograman pasti memiliki  kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Ini akan kembali kepada poin no. 1 untuk apa anda belajar pemrograman? Jika anda ingin serius membuat game maka anda bisa mempelajari bahasa yang banyak digunakan untuk pembuatan game, demikian pula jika anda ingin mahir dalam pembuatan website atau aplikasi android atau yang lainnya pelajarilah bahasa yang paling mendukung untuk bidang itu, setiap bahasa pemrograman memiliki kelebihan tersendiri.

Walaupun demikian, kabar baiknya adalah bahasa pemrograman itu banyak yang memakai model dasar serupa, apakah itu pemrograman berorientasi objek ataupun pemrograman prosedural. Oleh karena itu pemahaman mengenai model dasar bagaimana suatu bahasa pemrograman bekerja itu adalah hal yang fundamental.

Jadi ketika anda siap untuk mengambil bahasa pemrograman baru pengetahuan sebelumnya tentang bahasa pertama yang anda pelajari akan membantu anda dalam mempelajari yang baru

Selain itu, 5 konsep dasar berikut ini juga selalu ada dalam bahasa pemrograman manapun, jadi pahami mengenai:

a. Variabel

Program dibangun berdasarkan variabel. Variabel adalah tulang punggung dari setiap bahasa pemrograman. Dalam bentuk yang paling sederhana, sebuah variabel adalah metode untuk penyimpan informasi yang dimaksudkan untuk digunakan nantinya. Kemudian nilai variabel ini dapat diambil dengan mengacu pada kata atau istilah yang menjelaskan informasi tersebut.

b. Struktur kontrol

Struktur kontrol adalah blok pemrograman yang menganalisis variabel dan memilih suatu arah yang akan digunakan berdasarkan parameter yang diberikan. Oleh karena itu, proses pembuatan keputusan dasar dalam komputasi dan dapat menentukan bagaimana komputer akan merespon bila diberi kondisi dan parameter tertentu.

c. Struktur data

Struktur data merupakan metode spesifik dimana data disimpan dan diatur dalam komputer. Data ini disimpan sedemikian rupa sehingga bisa diakses dan digunakan secara efisien bila dibutuhkan.


d. Syntax

Walaupun jika anda tidak memiliki banyak pengetahuan tentang koding, anda mungkin tahu bahwa karakter dan simbol yang berbeda sering digunakan.  Syntax adalah seperangkat aturan yang mendefinisikan kombinasi berbagai simbol dan strukturnya dengan benar. Sintaks pada dasarnya adalah buku panduan tata bahasa untuk bahasa koding.

e. Tools

Ini adalah konsep termudah dari lima konsep yang harus dipahami. Tools ini hanyalah software yang memungkinkan anda memprogram lebih cepat dan lebih efisien. Ada ribuan tools di luar sana, jadi memilih yang tepat untuk kebutuhan spesifik anda adalah hal yang terpenting.


3. Melihat Contoh Kode Program Dan Menjalankannya


Belajar koding adalah seperti belajar bahasa baru, bahasa yang dimengerti oleh komputer dan ini dituangkan dengan kode-kode. Tentu saja berbeda dengan ketika seperti belajar biasa dimana hanya mengenai kata-kata di halaman buku.

Jadi, ketika anda pertama kali belajar memprogram, anda harus memastikan untuk melihat, dan mencoba memahami, setiap contoh. Jangan terlalu terburu-buru berpindah ke topik lainnya, yang penting anda paham dulu dengan dasar-dasarnya.

Belajar koding tidak hanya bisa dilakukan dengan membaca tapi harus melalui praktek. Walaupun pasti tidak semua langsung dipahami, tapi anda sudah melakukan metode belajar yang benar.

Mengetik kode akan memaksa anda untuk memperhatikan rincian sintaks bahasa dengan benar dan akan menjadi kebiasaan. Karakter-karakter seperti titik koma, kurung kurawal atau simbol lainnya yang jarang anda gunakan nantinya akan menjadi lebih familiar.

Setelah itu, anda perlu melihat hasil program ketika dieksekusi. Kemudian anda bisa bereksperimen sendiri dengan logika anda melalui program sederhana tersebut. Cobalah selalu membuat beberapa kode baru atau memodifikasi setiap contoh dalam buku atau web yang anda pelajari. Masukkan problem anda sendiri dalam program tersebut dan cobalah mencari penyelesaiannya.

Cara termudah untuk mempelajari fitur bahasa baru adalah dengan mengambil beberapa kode, mengubahnya sesuai dengan apa yang dipikiran anda, dan mengeksekusinya dan ini harus dilakukan setiap pergantian topik. Anda bisa mengevaluasi sendiri  dan lebih memahami bahasa pemrograman yang anda pelajari tersebut.

Cara lainnya adalah menyelesaikan soal-soal latihan yang banyak terdapat pada buku pemrograman. Cobalah mengerjakannya tanpa melihat kunci jawabannya. Kemudian bandingkan, dan anda bisa mengevaluasi kemajuan anda dalam belajar pemrograman.


4. Manfaatkan Sumber Online Yang Kaya Informasi


Bahasa pemrograman selalu berkembang, jika konsep tertentu anda rasa tidak masuk akal, baik itu pada kode tulis, dalam buku teks, atau di kelas kuliah, pertahankan kepercayaan diri anda dan carilah sumber online alternatif untuk mempelajari konten yang sama.

Semua orang belajar dengan cara berbeda, terkadang masalah yang sama bisa diselesaikan dengan cara yang berbeda, itu juga berlaku dalam pemrograman. Buatlah anda nyaman dengan metode belajar yang anda pilih.

Sumber daya online untuk belajar pemrograman komputer tidak ada habisnya, dan selalu ada materi tutorial di youtube, tutorial web spesifik ataupun forum komunitas yang semuanya saling membantu dan berbagi pengalaman.

5. Segarkan Pikiran Dan Tetap Percaya Diri


Ketika anda menemukan masalah pada kode program anda, dan kepala anda sudah terasa pusing, beristirahatlah karena jika anda meneruskannya itu tidak akan efektif. Hirup udara segar selama beberapa jam untuk membuat pikiran anda menjadi lebih rileks, tenang saja bug-nya tidak akan lari kemana-mana jika anda tinggalkan. Dengan demikian, anda nanti bisa kembali dengan ide yang segar dan semangat baru untuk belajar.

Tetaplah percaya diri bahwa anda bisa menjadi apa yang anda inginkan. Walaupun ketika melakukannya, anda harus berulang kali gagal dan bersabar, tapi memang itulah caranya. Karena menjadi ahli dalam segala hal membutuhkan kerja keras dan juga waktu yang tidak sebentar.

Dan jika ada keraguan yang melemahkan rasa percaya diri anda maka ingatlah bahwa setiap pemrogrammer yang hebat juga telah menempuh jalan ini sebelumnya.


Demikianlah beberapa tips untuk dapat belajar bahasa pemrograman dasar dengan cepat. Semoga bisa bemanfaat untuk anda.

0 komentar:

Posting Komentar