Home » , , , , » Cara Membandingkan String Pada Java

Cara Membandingkan String Pada Java

Seperti sudah anda ketahui sebelumnya bahwa String merupakan class yang istimewa pada java dan terdapat beberapa alasan mengapa String tersebut immutable. Terkadang dalam pemrograman Java kita memerlukan untuk membandingkan dua buah String.

Kali ini kita menggunakan method:
  • compareTo()
  • equals()
  • equalsIgnoreCase()
  • compareToIgnoreCase()

membandingkan_string_pada_java

Menggunakan method compareTo(), equals(), equalsIgnoreCase(), dan compareToIgnoreCase()


a) compareTo()


Method compareTo() akan membandingkan nilai String secara leksikografis dan akan mengembalikan nilai berupa integer yang akan menjelaskan apakah string pertama yang dibandingkan tersebut lebih kecil, setara ataupun lebih besar dari string kedua.

Setiap karakter dalam String akan di konversi ke dalam nilai Unicode untuk perbandingan. Jika nilai kedua string setara maka nilai 0 akan dikembalikan dan sebaliknya maka nilai positif atau negatif akan dikembalikan.

Nilai yang dikembalikan akan bernilai positif jika string pertama secara leksikografis lebih besar dibandingkan dengan string kedua dan jika sebaliknya maka nilai negatif akan dikembalikan.


Output:

b) equals


Method equals akan membandingkan konten orisinil dari string. Method ini akan membadingkan equality dari string.


Output:


c) equalsIgnoreCase()


Method ini akan membandingkan dua string dengan persyaratan yang lebih longgar. Jadi selama urutan stringnya sama, walaupun kedua string memiliki perbedaan penggunaan huruf besar dan huruf kecil, ataupun menggunakan penulisan 'camel', maka akan tetap bernilai true.

Lihat contoh berikut ini:



Output:



d. compareToIgnoreCase()

Method ini serupa dengan equalsToIgnoreCase(), hanya saja akan mengembalikan nilai seperti pada method compareTo.



Output

0 komentar:

Posting Komentar