Perilisan Java EE 8 dan Fitur baru Yang Perlu Diketahui

Anda bisa melihat release note dari Oracle untuk Java EE 8. Perilisan ini merupakan bagian dari rencana dua tahap Oracle untuk merangkul paradigma komputasi modern, terutama dalam perluasan penyebaran teknologi cloud pada Java enterprise.

Para developer bisa mendownload dokumentasi dan Java EE 8 JDK seperti yang telah di sampaikan oleh Oracle tersebut.


Java EE 8
Java EE 8, Source : Oracle.

Sekitar sebulan sebelumnya, perilisan ini telah disetujui oleh Java Community Process dan fokus utama untuk JV EE 8 ini diantaranya adalah dukungan untuk HTML5 dan juga standar HTTP / 2, disamping itu juga demi penyederhanaan dan integrasi bean yang lebih disempurnakan serta infrastruktur yang lebih baik untuk aplikasi-aplikasi cloud.

Fitur-fitur Baru Yang Hadir Pada Java EE 8

Java EE 8 mendukung banyak sekali spesifikasi teknologi Java, diantaranya adalah:

  • Bean Validation 2.0, yang memungkinkan untuk ekspresi kendala pada model objek dengan menggunakan anotasi. Validasi bean ini memanfaatkan konstruksi bahasa Java 8 untuk digunakan dalam validasi tersebut.

  • JavaServer Faces 2.3 untuk membangun user interface pada server side.  

  • CDI (Context and Dependency Injection) 2.0 yang menekankan pada event asinkron.

  • JSON-B (JavaScript Object Notation Binding) menyediakan binding layer untuk mengkonversi objek Java dari dan ke pesan-pesan JSON.

  • Update ke JSON-P (JSON Processing API) untuk memperbaiki model objek.

  • JAX-RS (Java API untuk RESTful Web Services) 2.1 reactive client API.

  • Dukungan JAX-RS untuk even server sent dengan menawarkan saluran satu arah dari server ke klien

  • Dukungan HTTP / 2 pada Java Servlet. Untuk memperluas kemampuan server maka Java Servlet menyediakan class pemrograman.

  • Java EE Security API yang didukung oleh cloud dan paradigma PaaS.

Upgrade Java EE 8 Direncanakan Lebih Cepat


Rencananya Java EE 8 akan diikuti tahun depan oleh Java EE 9, sebagai bagian dari rencana dua tahap untuk menambah kelengkapan platform yang ditujukan pada penerapan cloud serta microservices modern.

Java EE 8 ditekankan untuk akomodasi dalam konfigurasi layanan dan pemeriksaan kelayakan dalam pengelolaan layanan.


Tidak lanjut perilisan EE 9 tersebut dijadwalkan untuk mempromosikan penyebaran unit layanan-layanan yang lebih kecil dan model pemrograman reactive untuk membangun sistem event-based yang berskala besar.

Dengan dibangun di atas Java SE, maka Java EE menawarkan lingkungan API dan runtime untuk membangun dan menjalankan aplikasi jaringan multitier yang berskala besar ditunjang dengan keamanan dan keandalan yang berfungsi sebagai sasaran utama dari platform tersebut.

Sebagai bagian dari proses pengembangan Java EE 8, Oracle telah mengerjakan GlassFish 5, yang merupakan server aplikasi open source dan berfungsi sebagai implementasi referensi untuk platform Java EE. Tujuannya adalah memiliki dua promosi GlassFish 5 yang dibuat setiap minggu untuk menangkap masalah integrasi dengan lebih cepat.

Tidak ada komentar

Bahasa Java. Diberdayakan oleh Blogger.