Belajar Pemrograman Java Dari Dasar

Rilisnya Java 10 Serta Fitur dan Peningkatan Yang Dibawanya

Dengan diumumkannya perilisan Java SE 10 (JDK 10) untuk umum di bulan Maret 2018 ini maka Oracle telah melakukan rilis cepat tahun ini. Karena kurang lebih 6 bulan sebelumnya mereka baru saja merilis Java 9.Dan ini sesuai dengan pernyataan mereka pada tahun lalu mengenai perilisan cepat.

Saat ini Oracle dengan perubahan yang di sebut dengan "siklus inovasi" akan melakukan panggilan untuk perilisan fitur dalam jangka waktu setiap 6 bulan, pembaruan rilis dalam setiap kwartal, dan juga dukungan jangka panjang (LTS) akan rilis setiap 3 tahun. Rencana berikutnya adalah Java 11, yang perilisannya direncanakan pada bulan September. Kemudian versi LTS berikutnnya setelah itu adalah Java 17, yang dijadwalkan akan dirilis pada bulan September, 2021.

Sementara itu wakil presiden Pengembangan Perangkat Lunak di Java Platform Group Oracle, Georges Saab, menyatakan bahwa Oracle telah berkomitmen untuk melakukan evolusi dengan cepat dengan memberikan inovasi baru pada platform Java.

Java 10 menjadi yang pertama dalam siklus rilis baru dari model lisensi Oracle. Ia juga menyatakan bahwa dengan kemudahan dan kesederhanaan perilisan ini, mereka sangat bangga dengan memperkenalkan fitur-fitur baru yang berguna, menghilangkan elemen yang tidak perlu dan lebih mudah digunakan bagi para developer.


java 10_fitur_peningkatan


Ini Yang Menjadi Dasar Oracle Menjalankan Siklus Inovasi

Perilisan fitur setiap 6 bulan dimaksudkan agar para developer dapat memanfaatkan fitur baru dalam produksi secepatnya. Siklus inovasi terinpirasi dari model rilis yang digunakan oleh platform lain dan oleh berbagai distribusi sistem operasi yang menangani lanskap pengembanagan aplikasi modern. Pengembangan aplikasi modern mengharapkan lisensi terbuka yang sederhana dan tenggang waktu yang dapat diprediksi. Oleh karena itu siklus inovasi ini diharapkan dapat memberikan apa yang dibutuhkan terkait hal tersebut.

Fitur dan Peningkatan Baru Pada Java 10

Java 10 hadir dengan 12 peningkatan tambahan baru yang didefinisikan melalui proses Proposal Peningkatan JDK (JEP), yang merupakan versi Oracle dari proses Permintaan Spesifikasi Java (JSR) dari JCP.


Peningkatan tersebut adalah:
  1. Inferensi Tipe Variabel Lokal: Meningkatkan bahasa Java untuk memperluas tipe inferensi  ke deklarasi variabel lokal dengan menggunakan initializers. Oleh karena itu, Java memperkenalkan var, yang merupakan sesuatu yang umum dan biasa digunakan dalam bahasa pemrograman lainnya.


  2. Menggabungkan berbagai repositori JDK forest ke dalam satu repositori (tunggal) untuk menyederhanakan dan merampingkan development.


  3. Garbage Collector Interface: Meningkatkan isolasi source code dari garbage collector berbeda dengan memperkenalkan interface garbage collector (GC) yang bersih.


  4. Full GC paralel untuk G1: Memperbaiki kasus latensi G1 terburuk dengan membuat  full GC paralel .


  5. Application Data-Class Sharing: Untuk meningkatkan startup dan footprint, JEP ini memperluas fitur Class-Data Sharing ("CDS") yang ada untuk memungkinkan kelas aplikasi ditempatkan dalam arsip bersama.


  6. Thread-Local Handshakes: Memperkenalkan cara melakukan callback pada thread tanpa harus melakukan safe point VM secara global. Membuatnya menjadi mungkin dan murah untuk menghentikan thread tunggal dan tidak hanya semua thread atau tidak satu pun.


  7. Menghapus tool Native-Header Generator, dengan menghapus javah tool dari JDK karena telah digantikan oleh keunggulan fungsionalitas di javac.


  8. Ekstensi tambahan pada Unicode Language-Tag: Peningkatkan pada java.util.Locale dan API terkait untuk mengimplementasikan ekstensi Unicode tambahan dari tag bahasa BCP 47.


  9. Alokasi Heap pada Perangkat Memori Alternatif: Ini memungkinkan HotSpot VM untuk mengalokasikan objek heap Java pada perangkat memori alternatif, seperti NV-DIMM, yang dapat ditentukan oleh pengguna.


  10. Mengaktifkan compiler JIT berbasis Java, Graal, untuk digunakan sebagai compiler JIT eksperimental pada platform Linux / x64.


  11. Root Certificate: Menyediakan secara default kumpulan dari root Certification Authority (CA) di JDK.


  12. Versi Rilis Berbasis Waktu: Merevisi skema versi-string dari Java SE Platform dan JDK, dan informasi versi terkait, untuk model rilis berbasis waktu saat ini dan masa yang akan datang.


Secara resmi, perilisan Java 10 bisa anda lihat pada pemberitahuan dari Oracle.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Artikel Menarik Lainnya :