Belajar Pemrograman Java Dari Dasar

5 Perbedaan Error dan Exception Pada Program Java Yang Harus Anda Ketahui

Pada pembahasan mengenai tipe-tipe exception anda sudah mengetahui bahwa class java.lang.Error dan java.lang.Exception merupakan subclass dari class java.lang.Throwable.

Meskipun demikian, ternyata terdapat perbedaan yang cukup signifikan diantara keduanya.

Class Error merepresentasikan kesalahan-kesalahan atau kegagalan yang terjadi karena lingkungan di mana aplikasi tersebut berjalan. Misalnya, jika memori JVM tidak mencukupi maka akan muncul OutOfMemoryError.

Perbedaan Error dan Exception Pada Program Java


Sementara itu, class Exception akan merepresentasikan exceptions yang terutama disebabkan kerena aplikasi  itu sendiri. Misalnya ClassCastException akan muncul ketika aplikasi mencoba untuk cast tipe class yang tidak kompatibel. Atau NullPointerException yang akan terjadi ketika aplikasi Java mencoba untuk mengakses objek null.

Penjelasan Perbedaan Error dan Exception


Berikut ini adalah perbedaan antara Error dan Exception:

  1. Error berhubungan dengan lingkungan di mana aplikasi berjalan sementara itu Exception berhubungan dengan aplikasi itu sendiri.


  2. Compiler tidak memiliki pengetahuan mengenai unchecked exception, termasuk Error dan semua subclass dari RunTimeException karena mereka tidak muncul pada saat runtime program. Compiler hanya memiliki pengetahuan untuk checked exception saja. Oleh karena itu, compiler akan tetap memaksa programmer untuk menyertakan blok try-catch bila ada pernyataan-pernyataan yang mungkin saja bisa melemparkan checked exceptions.


  3. Kategori Exception pada Java dibagi meenjadi dua, yaitu checked dan unchecked. Sementara itu, semua Error termasuk dari kategori unchecked saja. 


  4. Error tidak akan bisa ditangani oeh blok try-catch. Meskipun anda mencoba untuk menanganinya menggunakan blok try-catch tersebut, namun aplikasi anda tidak akan pulih ketika error tersebut terjadi. Kebalikannya, Exception dapat ditangani oleh blok try-catch sehingga dapat membuat program tetap berjalan norman jika exception ini muncul.



  5. Memulihkan Error adalah hal yang sangat tidak mungkin. Satu-satunya cara yang mungkin dilakukan adalah mengehentikan program. Di sisi lainnya, Exception dapat dipulihkan dengan menggunakan blok try-catch atau melemparkan exception kembali kepada caller

Itulah 5 perbedaan antara Error dan Exception pada bahasa pemrograman Java. Semoga bisa menambah pengetahuan anda ketika belajar Java.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Artikel Menarik Lainnya :