Belajar Pemrograman Java Dari Dasar

Memahami throw Exception Pada Program Java

Suatu program yang mendeteksi error dapat membuat sebuah instance dari tipe exception yang sesuai. Ini dikenal juga dengan istilah melemparkan exception atau throwing an exception.

Ketika program mendeteksi argumen yang melanggar ketentuan dari method, misalnya jika suatu method membutuhkan argumen berupa angka yang positif, akan tetapi yang di-pass-kan adalah angka negatif, maka IllegalArgumentException akan terlempar.


throw exception java


Sebenarnya apa yang terjadi ketika suatu exception terlempar?

Hal yang terjadi ketika suatu exception terlempar adalah objek exception itu akan dibuat menggunakan new sama seperti ketika anda membuat objek Java lainnya. Dan objek exception ini berada di heap.

Selanjutnya alur dari pengoperasian pemrograman akan dihentikan dan variabel referensi dari objek exception ini akan berperan. Pada titik ini, mekanisme dari penanganan exception akan mengambil alih melalui exception handler.

Exception handler ini memiiki tugas untuk memulihkan program dari masalah sehingga program akan tetap berlanjut atau mencari cara lainnya.

Satu hal penting yang harus dipahami mengenai exception adalah jika ada sesuatu yang buruk terjadi, maka program tidak diijinkan untuk berlanjut sesuai dengan jalan yang biasanya.

Exception akan mengijinkan (jika tidak ada cara lain) untuk memaksa program berhenti dan memberitahukan pada anda mengenai bagian yang salah atau idealnya memaksa program untuk menangani masalah dan mengembalikannya pada keadaan stabil.


Ketika exception terlempar, eksekusi program tidak akan berlanjut pada pernyataan selanjutnya namun akan menuju pada exception handler.

Syntax throw exception:

throw exceptionObject ;

Contoh:

Jika seseorang ingin menarik uang melebihi jumlah saldo di akunnya:



Jadi ketika anda mendeteksi kondisi error, anda tinggal melemparkan (throw) objek exception  yang sesuai. Anda harus bisa melihat tipe exception yang dapat menjelaskan kondisi tersebut. Java library banyak menyediakan class-class untuk memberi tanda pada kondisi-kondisi exception tersebut.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Artikel Menarik Lainnya :