Belajar Pemrograman Java Dari Dasar

Contoh Program Exception Handling: Mendeklarasikan, Melemparkan, Dan Menangkap Exception Pada Java

Contoh program exception handling di bawah ini akan menjelaskan mengenai mendeklarasikan, melemparkan dan menangkap exception pada program Java. Instance method yaitu setPanjang(), setLebar() dan setTinggi() dapat melemparkan (throw) exception ketika nilai yang dimasukkan berupa angka negatif.

contoh program exception handling Java


Pada class BalokDenganException di atas, method setPanjang(), setLebar() dan setTinggi() akan melemparkan exception bila nilai yang dimasukkan adalah negatif. Method-method tersebut mendeklarasikan IllegalArgumentException pada method headernya.

Meskipun tanpa menggunakan klausa throws IllegalArgumentException pada deklarasi method, class BalokDenganException akan tetap sukses di compile. Ini dikarenakan exception tersebut merupakan subclass dari RuntimeException (unchecked exception) terlepas dari apakah exception tersebut dideklarasikan pada method header.

Kemudian untuk mengujinya bisa menggunakan class TestBalokDenganException seperti di bawah ini:

Class TestBalokDenganException membuat 5 objek untuk menguji cara kerja penanganan exception. Perhatikan pada objek balok5 pada blok try,  nilai panjang yang ditetapkan adalah negatif sehingga akan melemparkan IllegalArgumentException pada method setPanjang().

Kemudian exception yang terlempar itu akan ditangkap pada blok catch. Tipe objek ex adalah IllegalArgumentException, dan ini sesuai dengan objek exception yang dilemparkan oleh method setPanjang(), sehingga exception ini akan ditangkap oleh blok catch.

Kemudian exception handler akan menampilkan pesan singkat dengan ex.toString() mengenai exception tersebut, atau anda juga bisa mencoba dengan ex.printStackTrace() untuk mendapatkan detail yang lebih mengenai exception ini.

Ketika exception terjadi maka program akan tetap dilanjutkan. Jika exception handler tidak menangkap exception tersebut maka program akan dihentikan secara mendadak.


Bila method melemparkan Error exception selain dari RuntimeException maka method harus dipanggil di dalam blok try-catch.

Contoh Kasus Program Exception Handling Pada Penjumlahan Integer


Contoh lainnya di bawah ini adalah mengenai penjumlahan integer. Dimana ketika user memasukkan nilai selain integer maka exception akan terlempar dan ditangkap oleh blok catch sebagai handler.
Demikianlah contoh program exception handling pada Java mengenai mendeklarasikan, melemparkan, dan menangkap exception yang mudah-mudahan bisa membantu anda untuk memahami topik ini dengan lebih baik.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Tempat berbagi pengetahuan untuk bahasa pemrograman Java

Related : Contoh Program Exception Handling: Mendeklarasikan, Melemparkan, Dan Menangkap Exception Pada Java