Belajar Pemrograman Java Dari Dasar

Kapan Exception Handling Harus Digunakan?

Kapan Exception Handling Harus Digunakan? - Bila suatu error perlu ditangani oleh pemanggilnya (caller) maka method harus melemparkan exception. Dalam keadaan normal, blok try memiliki kode-kode yang akan dieksekusi. Sementara itu, blok catch berisi kode-kode yang akan dieksekusi ketika menangkap exception yang terlempar.

kapan exception handling digunakan pada Java

Blok catch ini juga bisa melemparkan exception kembali
Apa yang membuat exception handling pada Java menjadi sangat penting adalah untuk memisahkan kode penanganan error dengan kode program secara normal sehingga membuat program lebih mudah dimengerti, jelas, dan mudah dimodifikasi.

Namun, perlu diketahui juga bahwa exception handling akan memerlukan waktu yang lebih banyak karena harus membuat objek exception itu sendiri, menelusuri kembali stack pemanggilan method, dan juga menyebarkan exception pada rantai pemanggilan method yang digunakan untuk menemukan handler.

Suatu exception terjadi pada method

Bila anda menginginkan exception itu diproses oleh caller (caller ini bisa berupa method yang memanggil method lainnya), maka objek exception harus dibuat dan dilemparkan. Jika exception yang terjadi pada method itu dapat ditangani maka exception tidak perlu digunakan atau tidak perlu melemparkannya (throw).

Pada umumnya, pada project yang terdiri dari banyak class maka class exception merupakan kandidat yang bisa terjadi. Error sederhana yang bisa muncul di dalam suatu method sebaiknya ditangani tanpa menggunakan exception, ini adalah cara yang terbaik, selanjutnya pernyataan if dapat digunakan untuk memeriksa error tersebut.




Jadi blok try-catch dapat digunakan pada kode program ketika harus berurusan dengan kondisi error yang tidak diharapkan. Jangan gunakan blok try-catch ini pada situasi yang mudah ditangani, ini akan membuat kode program menjadi tidak efektif.

Kesimpulannya, menentukan apakah sebuah situasi yang memerlukan exception handling dan yang tidak memerlukannya bisa menjadi keputusan yang sulit. Namun, satu poin penting yang harus diperhatikan adalah tidak menyalahgunakan exception handling itu hanya untuk menyelesaikan masalah logika yang sederhana, yang bisa diatasi tanpa menggunakan blok try-catch tersebut.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Tempat berbagi pengetahuan untuk bahasa pemrograman Java

Related : Kapan Exception Handling Harus Digunakan?