Belajar Pemrograman Java Dari Dasar

Memahami Stream Pada Program Java

Untuk proses input dan output pada program Java, maka package java.io memiliki class-class yang sangat lengkap untuk mendukung tujuan ini. Setiap streams ini bisa merepresentasikan sumber-sumber dari input dan juga target dari output. Package java.io juga mendukung banyak data, seperti data primitif, objek, dan sebagainya.

Java stream

Apa Itu Stream?

Secara mudahnya stream bisa diartikan sebagai "urutan dari data". Terdapat 2 jenis stream, yaitu:
  • InPutStream yang digunakan untuk membaca data dari sumbernya
  • OutPutStream yang digunakan untuk menulis data pada tujuan atau target
Untuk file dan jaringan (networks), Java memberikan dukungan fleksibel dan juga kuat. Namun, kita hanya akan melihat dasarnya saja melalui contoh-contoh yang sering digunakan secara umum.

Stream dari Karakter-karakter

Stream karakter (character) digunakan untuk proses input dan output unicode 16 bit. Terdapat banyak class yang berhubungan dengan stream dari karakter ini, tapi terdapat 2 class yang paling sering digunakan yaitu:
  • FileReader
  • FileWriter
Secara internal, FileReader ini menggunakan FileInputStream, sedangkan FileWriter menggunakan FileOutputStream. Namun, perbedaan signifikan diantara keduanya adalah FileReader akan membaca 2 byte dalam sekali waktu sedangkan FileWriter akan menulis 2 byte dalam sekali waktu.

Stream dari Bytes

Bytes stream digunakan ketika membaca input dan output 8 bytes. Terdapat banyak class yang terkait dengan stream byte ini, namun yang paling banyak digunakan adalah:
  • FileInputStream
  • FileOutputStream

Standar Stream

Pada Java, sama seperti pada bahasa pemrograman lainnya, memiliki dukungan untuk standar I/O. Ini berguna ketika user memberikan input melalui keyboard dan kemudian menghasilkan output melalui layar komputer.



Java memiliki 3 standar streams, yaitu:
  • Standar error, digunakan untuk memberikan ouput data error yang dihasilkan oleh program yang digunakan oleh user. Layar komputer biasanya digunakan sebagai standar error stream dan direpresentasikan sebagai System.err.

  • Standar input, digunakan untuk memberi data (input) pada program, . Biasanya user menggunakan keyboard sebagai sarana untuk standar input stream dan direpresentasikan sebagai Sytem.in.

  • Standar output, digunakan sebagai ouput data yang dihasilkan oleh program user dan basanya layar komputer digunakan untuk menampilkan standar output stream dan direpresentasikan sebagai System.out. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Artikel Menarik Lainnya :