Belajar Pemrograman Java Dari Dasar

Belajar Membuat Game 2D Dengan Java dan Netbeans: Bagian I

Halo guys, kali ini admin ingin berbagi tutorial dasar membuat game dengan program Java menggunakan Netbeans.

Belajar membuat game Java ini benar-benar dari nol atau dalam bahasa kerennya “from scratch”. Sebenarnya penggunaan Netbeans tidak wajib, kalau teman-teman suka menggunakan IDE yang lain seperti Eclipse juga tidak masalah.

Berbeda ketika membuat game menggunakan game engine yang sudah memiliki banyak fasilitas seperti Unity. Belajar membuat game dari dasar membutuhkan koding dari awal. Tapi keuntungannya adalah anda bisa lebih memahami kode-kode Java tersebut. Asyik, kan?.

Jika sebelumnya anda pernah menjalankan kode Java untuk sebuah game, tapi tidak mengetahui maksud dari kode-kode tersebut, dan anda ingin mencari tahu, berarti anda memiliki semangat untuk terus berkembang.

Well, jadi kita mulai dari mana ya? Tenang dulu, sekarang pertanyaannya adalah, “Apakah anda sudah mengetahui mengenai dasar pemrograman Java?”.

Bila ya, anda bisa lanjut. Bila belum, saran admin sih, ini cuma saran lho,  lebih baik mengetahui dasar-dasar coding Java terlebih dahulu sebelum masuk ke tutorial membuat game 2D ini, setidaknya sudah memahami mengenai variabel, method, class dan objek. Karena di sini admin tidak akan memberikan penjelasan ulang mengenai basic program Java.

Anda akan lebih difokuskan pada pembuatan game dengan Java, dan membahas mengenai materi dasar seperti window, graphis, render, dan masih banyak lagi. Nanti dari sini, anda bisa lebih mudah memahami framework Java lintas platform untuk game seperti LibGDX.

Untuk persiapannya anda bisa menggunakan IDE Netbeans, bagi yang belum memilikinya silakan mengunduhnya secara gratis.  Sedangkan untuk tutorial penginstalannya dan penggunaannya anda bisa melihat di belajar Java Netbeans untuk pemula.

Membuat Project di Netbeans


Oke, langsung saja, anda bisa membuat project baru dengan di Netbeans, bisa di beri nama Game Java.
  1. Buka IDE Netbeans, pilih File, kemudian Pilih New Project

  2. Kemudian akan muncul jendela baru dan pada bagian Categories pilih Java, terus untuk Projects pilih Java application. Kemudian pilih Next.
  3. membuat project baru netbeans



  4. Setelah itu masukkan pada text field Project Name, yaitu Game Java. Sementara itu untuk Project Location dan Project Folder anda bisa menentukannya sendiri , di direktori mana anda akan menyimpan project tersebut dan pada folder yang anda tentukan. Jangan beri checklist pada checkbox Create Main Class.
  5. memberi nama project netbeans

  6. Setelah itu,pilih Finish.

Membuat Package dan Class

Setelah project baru dibuat dengan nama Game Java, kemudian di dalam project tersebut anda bisa membuat package. Penggunaan package ini bertujuan untuk memudahkan pengorganisiran class-class Java. Terutama jika suatu saat nanti anda bekerja dengan project yang besar.

  1. Klik kanan pada project, dalam hal ini adalah Game Java. Kemudian pilih New, lalu pilih Package.

  2. Masukkan nama package, di sini saya memberinya nama com.bahasajava.gamejava, kemudian tekan Finish.
  3. memberi nama package java netbeans
  4. Setelah itu klik kanan pada package com.bahasajava.gamejava, pilih New, pilih Java Class. Beri nama class tersebut Main. Kemudian tekan Finish.

  5. membuat class pada package java netbeans
  6. Class Main ini akan bertanggung jawab penuh untuk start up game yang anda buat. Oleh karena itu, silakan beri main method pada class tersebut. Main method ini adalah tempat pengeksekusian program dalam hal ini game. 

  7. memberi main method pada java class netbeans


Oke, sampai di sini dulu ya, selanjutnya anda akan masuk kedalam pembuatan window untuk game dan juga pembuatan class-class lainnya.

Baca juga:
Bagian II
Bagian III

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Artikel Menarik Lainnya :