Belajar Pemrograman Java Dari Dasar

Tips Memilih Laptop yang Cocok untuk Programming

Tips Memilih Laptop yang Cocok untuk Programming! Ketika kita memilih jalan untuk menjadi seorang programmer, tentunya kita berpikir nih, apa saja hal yang wajib kita penuhi untuk programming ya? Dan, saya rasa itu bukanlah perkara yang sulit untuk di tempuh.

Nah, hal utama yang memudahkan jalan Anda untuk menjadi programmer ialah memilih laptop yang ramah dengan pekerjaan Anda. Sebenarnya tidak ada merek laptop khusus yang direkomendasikan untuk digunakan dalam belajar pemrograman. Namun, ada beberapa spekulasi yang sebaiknya Anda penuhi dalam memilih laptop untuk programming.

tips memilih laptop yang cocok untuk programming


Anda jangan khawatir, dalam artikel kali ini, saya akan membagikan sedikit tips bermanfaat bagi Anda yang ingin atau mungkin sudah menjadi programmer. Inilah beberapa tips yang bisa membantu  Anda untuk memilih laptop yang cocok untuk programming.

Kenali Kebutuhan


Untuk langkah awal yang harus Anda lakukan ketika memilih laptop untuk programming ialah Anda harus memahami bidang Anda. Tidak semua laptop dapat memebuhi semua kebutuhan. Jadi Anda perlu memahami bidang yang Anda tekuni dan disesuaikan dengan spesifikasi laptop yang Anda butuhkan. Untuk programming pembuat game maka harus lebih memfokuskan kepada grafis daripada pemrograman web.

Bersifat Portabel


Menjadi seoarang programmer harus siap untuk bekerja dimana saja. Dan kebanyakan para programmer memang banyak menyelesaikan pekerjaannya dimana saja, memilih tempat yang nyaman untuknya. Untuk itu, Anda harus memilih laptop yang simple. Jenis laptop berukuran 14 inci adalah pilihan yang pas untuk Anda.

Ukuran RAM yang Besar


Untuk ukuran RAM memang merupakan pertimbangan yang mendasar untuk pekerjaan programming. Mengapa? Karena bagi Anda pekerja program yang berat seperti membuat game dengan unity atau membuat program Android, maka wajib menggunaka laptop yang memiliki ukuran besar. Untuk bahasa pemrograman Android yang menggunakan Android Studio, Anda akan sangat lancar dan nyaman jika memiliki RAM 8 GB. Pada intinya, semakin besar ukuran RAM yang dimiliki, maka akan semakin lancar programming yang Anda lakukan.

Kekuatan Prosesor


Ketika Anda memilih laptop terbaik untuk programming, Anda harus tahu bahwa CPU sangat penting. Seperti otak di dalam kepala Anda, CPU menangani setiap aspek fungsi yang melibatkan komputer Anda. Prosesornya ibarat otak untuk komputer Anda.

Bagaimana Laptop yang Cocok untuk Programming?

Kinerja CPU

CPU bertanggung jawab untuk menangani jutaan bit informasi, dan jika laptop Anda tidak memiliki CPU yang baik, komponen lainnya hampir tidak berguna. Kekuatan CPU diukur dalam Gigahertz, tetapi angka yang lebih tinggi tidak sama dengan prosesor yang lebih baik.

Prosesor yang lebih baru mungkin memiliki kecepatan yang lebih rendah di Gigahertz daripada prosesor yang lebih lama, tetapi dalam hal kinerja, itu bisa jauh lebih unggul. Jika Anda menginginkan pengalaman menjadi programmer terbaik, pertimbangkan untuk membeli laptop dengan prosesor i5 atau i7.

Semua prosesor memiliki core, dan jumlah core yang lebih tinggi menawarkan kecepatan dan kinerja yang optimal. Jika Anda tidak menginginkan prosesor Intel, Anda boleh saja memilih laptop dengan prosesor AMD yang lebih baru.

Resolusi Layar

Saat memilih laptop untuk programming, mempertimbangkan resolusi layar juga merupakan hal yang penting bagi seorang programmer ketika sedang ngoding. Proses pengodingan melibatkan duduk di depan layar komputer untuk waktu yang lama, itulah sebabnya fitur kenyamanan mata sangat penting. Hal yang paling penting adalah laptop yang cocok untuk ngoding harus memiliki fitur yang nyaman dan mendukung.

Untuk itu, Anda harus memilih laptop dengan layar yang cukup besar untuk mengurangi ketegangan mata. Programming bisa sulit dengan layar kecil karena Anda akan kesulitan melihat apa yang Anda lakukan.

Keyboard yang Nyaman


Ketika manusia berhadapan dengan komputer, ia pasti akan banyak berinteraksi dengan keyboard. Seorang programmer pasti selalu bermain dengan kode. Untuk itu, penggunaan keyboard yang nyaman saat ngoding merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh seorang programmer.
Keyboard yang ringan dan lembut saat disentuh sangat cocok untuk digunakan ketika ngoding. Nah, untuk itu, Anda harus memilih laptop yang memiliki keyboard dengan tombol-tombolnya yang mudah ditekan dan nyaman.

Nah, demikianlah beberapa ulasan dan tips memilih laptop untuk programming dengan benar. Jadi sekali saya tegaskan bahwa tidak ada merek laptop tertentu yang harus Anda pilih untuk programming. Semua itu tergantung kebutuhan yang sesuai dengan jenis pemrograman yang Anda tekuni. Anda harus memcocokkan dengan beberapa spesifikasi yang dimiliki oleh laptop tersebut seperti yang saya sebut di atas.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Artikel Menarik Lainnya :